Page 291 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 291
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
Menurut Siregar (2008: 7-8), beberapa tugas dan fungsi yang harus diemban
oleh perpustakaan sesuai dengan pedoman dari Direktorat Jenderal Perguruan
Tinggi antara lain sebagai berikut.
a. Pusat sumber belajar. Untuk menjalankan fungsi ini, perpustakaan harus
menyediakan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan belajar mengajar.
Dengan demikian, koleksi perpustakaan harus dikembangkan untuk
memenuhi kebutuhan mahasiswa, dosen, dan tenaga administrasi.
b. Riset. Perguruan tinggi selalu dituntut untuk dapat mengembangkan
ilmu pengetahuan. Karena itu, dosen dan mahasiswa di setiap perguruan
tinggi harus selalu melakukan penelitian. Perpustakaan perguruan tinggi
merupakan salah satu tempat penelitian. Untuk menjalankan fungsi
sebagai tempat riset, perpustakaan harus selalu mengembangkan
koleksi-koleksi terbaru, terutama jurnal.
c. Deposit. Perpustakaan perguruan tinggi harus menjadi pusat deposit bagi
karya intelektual yang dihasilkan dosen dan mahasiswa di lingkungan
perguruan tingginya. Semua karya, hasil penelitian, serta temuan-temuan
ilmiah dari dosen dan mahasiswa harus tersimpan di perpustakaan.
d. Publikasi dan informasi. Semua karya intelektual dari mahasiswa dan
dosen yang telah diserahkan kepada perpustakaan harus dipublikasikan
dan diinformasikan secara luas kepada masyarakat. Dengan demikian,
masyarakat dapat memanfaatkan semua hasil karya cipta yang telah
dilakukan oleh perguruan tinggi.
Tantangan besar yang dihadapi perpustakaan UT untuk menjalankan tugas
dan fungsi tersebut adalah mahasiswa yang besar jumlahnya dan tersebar
di seluruh pelosok wilayah Indonesia yang sangat luas, bahkan di beberapa
negara. Mereka merupakan faktor utama yang harus menjadi fokus layanan
perpustakaan. Karena kondisi geografis, pada awal berdirinya perpustakaan
UT tidak dapat memberikan layanan kepada mahasiswa sebagaimana
perpustakaan perguruan tinggi konvensional. Perpustakaan UT hanya dapat
memberikan layanan kepada dosen UT yang ada di kantor pusat dan para
penulis modul atau bahan ajar UT. Dengan demikian, ada kesenjangan antara
281