Page 164 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 164
Pendidikan Jarak Jauh •
gagasan in1 rnasih clitolak oleh kelompok konservatif
(Suparman, 200~, hal. 132-134).
Di negara-rwgara lain, progr.1rn P)) untuk profesional telah
dilaksanakan secara luas. Di Kanada, )epang, lnggris, dan diberbagai
negara rnaju, PJJ suclah diterapkan secara luas. Di negara
berkembang seperti Venezuela, tahun 19G4 lebih dari 20.000 orang
mendaftar Pj). Paclc1 tahun 1985, di Kenya 4500 orang mengikuti
pendidikan guru senwntara dengan syarat berpengalamc1n mengajar
minimal 3 tahun. Program ini digc1bung dengan tatap rnuka dan
siaran radio. University of South Pacific iUSP) di Fiji, Pasifik Selatan
rnenawarkan program pendidikan guru rnelalui program jarak jauh.
Di Thailand yang rnulanya rnernberikan pPndidikan untuk guru dan
administrator, kini memberikan pPndidikan manajernen, ilmu murni,
hukum, ilmu kesehatan, clan pertanian. Di Cina, perguruan tinggi
dan universitas eli BPijing telah rnenawarkan program korPspondensi
sekitc1r 140 pilihan clari bPrbagai ilmu P)J juga digunakc1n clalarn
pelatihan profesional untuk para guru I\\\\\~:-~~L~'.Lg). Indonesia
melalui Universitas Terbuka telah menggunakan rnetode P)):
Oi Indonesia sendiri, Universitas Terbuka menawarkan
program penvetaraan 0 II dan S 1 guru SO. Ma'>uka111wa
aclalah para Guru SO yang mempunvai Jatar belakang
pencficfikan SPG atau secferajat. Oi samping itu UT
nwnawarkan pula program penyPtaraan 0 Ill Guru SL TP
dengan masukan guru SMP yang mempunyai Jatar belakang
pendiclikan 01 a tau vang seclerajat. Oemikian pula U I
menawarkan program 51 Guru SL T A dengan masukan guru
SLT A vang berlatar belakang 0 II I a tau vang seclerajat.
l\1ulai tahun 2001, program S 1 Penclidikan Guru Sekolah
Oasar (PCSOJ. ditawarkan dengan menggunakan paket
bahan ajar multimedia serta komponen praktek clan
praktikum. Program-program tersebut clilaksanakan dengan
menggunakan bahan cetak, kaset audio, tutorial tatap
muka, dan praktik rnengajar atau praktik pengalaman
146