Page 159 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 159

•   Pelatihan  Profesional  ]arak ]auh



              Tersedia   dalam  http://www.idi.ntnu.no/grupper/su/publ/html/
              totland/ch07l.htm 20 Agustus  2005.


              The  ability  to  perform  work  activities  to  the  standards
              required in employment
              University  of Warwick,  2007.  Glossary of Terms  and Concepts
              (UK).   Centre  for  Lifelong  Learning,  UK.  Tersedia  dalam
              http://www. warwi ck.ac. uk/fac/soc/conted/Socr atesAPE L/uk/gloss
              uk.htrn  1 September 2005.


              Kompetensi  profesi  yang  sesuai  adalah  "kemarnpuan  bekerja
          yang  mernenuh i  standar-standar  yang  d iperl ukan  dalam  suatu
          pekerjaan atau  profesi tertentu".
              Dalam  suatu  profesi,  kompetensi  tidak  hanya  sekedar  penge-
          tahuan,  melainkan  rneliputi  kemarnpuan  bekerja  yang  dilaksanakan
          dalam  suatu  profesi  tertentu.  Ada  dua  jenis  kompetensi,  yang
          pertama  adalah  kompetensi  jelas,  yaitu  kornpetensi  yang  mudah
          dibentuk  dan  terlihat  jelas,  dan  yang  kedua  adalah  kompetensi
          lunak,  yaitu  kompetisi  yang  perlu  waktu  lama  untuk  dibentuk,
          karena  bersifat tersernbunyi.  Misalnya kompetensi  seorang  sekretaris
          terdiri dari qneka pengetahuan dan keterarnpilan teknis kesekretariat-
          an  yang  mudah  terlihat,  narnun  meliputi  kornpetensi  lunak,  antara
          lain  orientasi  pad a pelanggan,  berpiki r anal it  is  dan  konseptual,  serta
          fleksibilitas  dalam  bekerja.  Lebih  lanjut jenis  kompetensi  juga  bisa
          dibedakan  antara  kornpetensi  inti,  kompetensi  manajerial,  dan
          kompetensi  fungsional.  Organisasi  memerlukan  orang-orang  yang
          rnernenuhi  syarat  agar  rnenghasilkan  kinerja  tinggi,  sehingga
          penilaian  kompetensi  arnat diperlukan.  Berbagai definisi dan  model
          telah  dikembangkan  dalarn  bidang  ini  (Permana,  Nina  lnsania,
          2005).







                                                                  141
   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163   164