Page 166 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 166
Pendidikan ]arak ]auh •
satu persatu atau individual. Dengan dukungan aneka media dan
teknologi maju yang ada sekarang ini, sebetulnya PJJ dapat dipakai
untuk training, coaching dan counselling, meskipun sulit untuk
mentoring. Dalam metode mentoring, pengajar memberikan
praktek hidup untuk dilihat dan ditiru siswa. Seorang tukang batu
belajar menjadi profesional dengan terlebih dahulu menjadi
pembantu tukang lain yang akan mengajarinya dalam jangka waktu
cukup lama. Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dalam
sebuah profesi, tidak cukup hanya dengan pelatihan interaksi jarak
jauh ditambah tutorial tatap muka sesekali saja, melainkan perlu
diberikan contoh nyata kehidupan seorang mentor pada anak
didiknya dalam jangka waktu cukup lama. Untuk itulah PJJ
digunakan secara bijaksana, sesuai keunggulan dan kelemahannya.
5. Pembelajaran untuk Pengembangan Karier Profesional
Seseorang dikatakan profesional jika memiliki berbagai
kompetensi sebagai syarat dijalankannya profesi itu. Dengan
demikian, saat ini terdapat beberapa bidang yang dikembangkan.
Yang pertama tentang sumber daya manusia berdasarkan
kompetensi. Di dunia ini, organisasi yang terbanyak mengeluarkan
biaya untuk pengembangan kompetensi adalah perusahaan.
Perusahaan memerlukan peningkatan kompetensi para karyawannya
untuk mengikuti tantangan persaingan dan perubahan yang semakin
cepat.
Dari segi sumber daya manusia perusahaan, pembelajaran untuk
pengembangan karier merupakan bidang yang berkembang dalam
beberapa dekade ini karena berh-ubungan dengan produktivitas dan
pengembangan perusahaan. Karier didefinisikan sebagai perkem-
bangan dan kemajuan dalam kehidupan, pekerjaan, jabatan, dan
sebagainya (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1997).
148

