Page 165 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 165
• Pelatihan Profesional )arak )auh
lap,1ngan. Dafam matakuliah IPA digunakan kit sains. lni
semua rnenunjukkan bahwa Pj} mampu mcna-,varkan
program vang mPiibatkan praktik 'ebab konwp P}j memang
lebih dari sekcdar konwp koresponclensi (Sup,lrman, 200--1,
hal. 13'i).
Semua contoh te1scbut nwmbuktikan bahwa Pjj bisa digunaka11
dalam berbagai biclang pembelaja1an profcsi dan telah ted)llkti
berhasil. Pjj digunakan dengan nwnggunakan diWkd bahc~n dc1n
media aj,H, termasuk tutoric~l tttap muka dan pengawas praktik
lapangan. Perbeddannya terletak pada tingkat ke~ulitannyd. Ada
kompetensi kerja y,mg muddh di-Pjj-kan ddn ada yc~ng lebih sulit.
4. Kompetensi PJJ
Terclapat tigc1 Jell!' kompetensi yang cliperluk,m cidldm spbuah
profesi, yaitu:
1. Kompetensi ddlam pcngetahuan 1Knowleclge, disingkat Kl
2. Kompetensi dalam keterampilan !Skill, disingkat S1
l. Kompetensi dalam sikap kerja 1Atti1ucie, disingkat AI
Tiga jenis kompetensi di atas --sering disingkat KSA--,
merupakan sasarc1n yc1ng hendak dicapc~i dalc1m pembelajaran
profesional. PIJ dc~pat dipakai untuk pengetahudn ddn sebdgic~n
kPtt>ran1pilan. Sedangkan untuk sebagian bes,H sikap kerja yang
masuk go!clllgan keterampilan h,1fu,, misalnya hubungan antar-
pribddi, card bPrkomunikc~si, eLm macam-mcJcam sikap ycJng
mendukung kelancaran pekerjaan, sampc~i seka1·ang Pjj masih
dianggap lemah, karena pPngajar sulit bahkan tidak clapat
membe1·ikan contoh clan mengawasi langc,ung prakteknya.
Bagi profpsional, rwmbelc1jaran yc1ng populcr dan sering dipakai
adalah training, coaching, counselling, dan mentoring. Training
lebih bersifat pelatihan eli kelas. Cuaching dan coun,elling bersifat
147