Page 167 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 167
• Pelatihan Profesional )arak )auh
Peningkatan produktivitas menjadi sasaran utama pembelajaran
di perusahaan-perusahaan: bagaimana menghasilkan keluaran
semaksimal mungkin dengan masukan seminimal mungkin;
bagaimana meningkatkan kinerja bisnis; bagaimana meningkatkan
kinerja layanan di departemen publik; bagaimana meningkatkan
kinerja lembaga-lembaga nirlaba. Hal-hal ini menjadi topik bahasan
yang selalu diminati dalam pembelajaran profesi.
Sejak dilakukan eksperimen studi kerja, industri dan dunia kerja
berlomba mencari cara paling baik untuk meningkatkan produk-
tivitas kerja. Sejak itu berbagai metode peningkatan kinerja terus
dikembangkan; antara lain ada yang menggunakan metode PJJ: 1)
Balanced Scorecard, 2) ISO 9001 :2000 sistem manajemen mutu, 3)
Aliran Kontinyu, 4) Six Sigma, 5) Seven Wastes, 6) Teori Konstrain,
7) Manajemen Mutu Terpadu (TQM), dan sebagainya (http://www.
agilean.com/methods.htm)
B. Pelatihan jarak jauh untuk Profesional: Contoh
Kasus PMJJ-PPM
1. PMJJ-PPM, Fungsi dan Satuan Pendidikan
Kasus berikut ini akan menggambarkan secara umum
bagaimana pelaksanaan suatu pelatihan jarak jauh untuk profesi
manajemen. PMJJ-PPM (Pembelajaran Manajemen jarak jauh PPM)
adalah bagian dari Lembaga Manajemen PPM yang bergerak dalam
pelatihan manajemen secara jarak jauh. PMJJ PPM dimulai sejak
tahun 1979 dan setiap tahunnya secara rutin terus menambah
modul-modul baru.
Pembelajaran in i d i rancang kh usus bagi karyawan a tau
wirausaha yang ingin belajar manajemen, namun sulit meninggalkan
tempat kerja. Bentuknya adalah modul-modul singkat yang terapan:
banyak contoh dan ilustrasi. jumlah halaman per modul berkisar
149