Page 106 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 106
PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH
IIT~KI
KRITERIA
j KATEGORI /1 No. II
Strategi Apakah BAM menyajikan kompeten-si
D madah D
D
pembelajaran inti, standar hasil yang harus dicapai.
tujuan pembelajaran, aktivitas pembe-
lajaran dan pengujian yang mudah
dipakai oleh pembelajar?
DD aktivita' helajac 1
Apakah
dipahami dan apakah aktivitas belajar
tersebut mengajarkan apa yang telah
disebutkan dalam tujuan pembelajaran')
Apakah pertanyaan-pertanyaan dalam
D D
kuis dan ujian mudah dimengerti dan
apakah pertanyaan-pertanyaan tersebut
mengukur pencapaian tujuan pembe-
;::=== lajaran?
lnformasi 10. Apakah BAM menyajikan informasi
lpendakung singkat mengenai penilaian, apa yang
diharapkan dari pembelajar, batas waktu
D Apakah BAM menacik minat dan D
penyerahan tugas. prosedur interaksi
tutor dengan mahasiswa dan an tar
mahasiswa?
Motivasi '===
mclibatkan pernbclajar melalui kompo-
nen-komponcn berikut: tampilan yang
bagus, tcrkini, humor. permainan, tes,
kuis dan aktivitas pencarian/ penemuan?
D D
Pemanfaatan Apakah media yang dipilih: video,
media animasi, musik, narasi, efek suara, efek
visual telah dipilih secara tepat dan
Apakah BAM berkomunikasi secara
Nuansa efektif? dan konsisten kepada
D D
langsung
pembelajar? Apakah BAM terkesan
menggurui, klise, atau terlalu berat, atau
terlalu berfokus pada tampilan')
93