Page 106 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 106

PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH



                                                             IIT~KI
                                       KRITERIA
         j  KATEGORI  /1  No. II
         Strategi           Apakah  BAM  menyajikan  kompeten-si
                      D                                madah D
                                                             D
         pembelajaran       inti,  standar  hasil  yang  harus  dicapai.
                            tujuan  pembelajaran,  aktivitas  pembe-
                            lajaran  dan  pengujian  yang  mudah
                            dipakai oleh pembelajar?
        DD                           aktivita'   helajac             1
                            Apakah
                            dipahami  dan  apakah  aktivitas  belajar
                            tersebut  mengajarkan  apa  yang  telah
                            disebutkan dalam tujuan pembelajaran')
                            Apakah  pertanyaan-pertanyaan  dalam
                      D                                      D
                            kuis  dan  ujian  mudah  dimengerti  dan
                            apakah  pertanyaan-pertanyaan  tersebut
                            mengukur  pencapaian  tujuan  pembe-

                      ;::===  lajaran?
         lnformasi     10.   Apakah  BAM  menyajikan  informasi
        lpendakung          singkat  mengenai  penilaian,  apa  yang
                            diharapkan dari pembelajar, batas waktu
                      D Apakah  BAM  menacik  minat  dan D
                            penyerahan  tugas.  prosedur  interaksi
                            tutor  dengan  mahasiswa  dan  an tar
                            mahasiswa?
         Motivasi     '===
                            mclibatkan  pernbclajar  melalui  kompo-
                            nen-komponcn  berikut:  tampilan  yang
                            bagus,  tcrkini,  humor.  permainan,  tes,
                            kuis dan aktivitas pencarian/ penemuan?
                      D                                      D
         Pemanfaatan        Apakah  media  yang  dipilih:  video,
         media              animasi,  musik,  narasi,  efek suara,  efek
                            visual  telah  dipilih  secara  tepat  dan


                            Apakah  BAM  berkomunikasi  secara
         Nuansa             efektif?   dan   konsisten   kepada
                      D                                      D
                            langsung
                            pembelajar?  Apakah  BAM  terkesan
                            menggurui, klise, atau terlalu berat, atau
                            terlalu berfokus pada tampilan')


                                                                 93
   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111