Page 104 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 104

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



         dan  hubungan  navigasi  yang  akan  dipakai  oleh  pihak  pengguna
         bahan ajar multimedia tersebut.
                Berdasarkan  rencana  ini,  tiap-tiap  anggota  mengem-
         bangkan  bagian-bagian  bahan  ajar  multimedia.  Apabila  masing-
         masing  anggota  tim  telah  menyelesaikan  tugas  masing-masing
         bagian  dari  bahan  ajar  multimedia,  pemrogram  komputer
         bertanggung  jawab  untuk  merangkai  bagian-bagian  tersebut
         menjadi  satu  rangkaian  utuh  bahan  ajar  multimedia.  Selain  itu,
         perlu  juga  dibuat  petunjuk  instalasi  dan  pemakaian  bahan  ajar
         mutlimedia tersebut.
                Sebelum  bahan  ajar  multimedia  didistribusikan  kepada
         pemakai,  sebaiknya  dilakukan  uji  coba  dan  evaluasi  terlebih
         dahulu.  Uji  coba  dilakukan  oleh  tim  untuk melihat apakah  bahan
         ajar  multimedia  yang  telah  dikembangkan  sesuai  dengan  yang
         telah  direncanakan  atau  ada  hal-hal  yang  perlu  direvisi,  karena
         telah  terjadi  kesalahan  atau  kelemahan  dalam  perencanaan.
         Setelah  dinyatakan  lulus  dalam  uji  coba  oleh  tim,  sebaiknya
         bahan  ajar  multimedia  dievaluasi  oleh  pihak  di  luar  tim  secara
         terbatas  dengan  kriteria  evaluasi  yang  akan  dijelaskan  dalam
         bagian berikut ini.
                Bila  telah  lulus  dalam  evaluasi  oleh  pihak  di  luar  tim
         pengembang,  maka  selesailah  pengembangan  bahan  ajar
         multimedia  tersebut.  Namun  hal  ini  tidak  berarti  tidak  perlu  ada
         revisi   pada   masa  yang   akan  datang.   Perubahan  dan
         perkembangan  ilmu  dan  pengetahuan  yang  relevan  dengan
         bahan  ajar  multimedia  tersebut  perlu  mendapat  perhatian  untuk
         revisi  pada  masa mendatang.  Selain  itu,  perkembangan teknologi
         yang  dapat  dipakai  untuk  mengemas  bahan  ajar  multimedia
         secara  lebih  efektif  dan  efisien  juga  perlu  mendapat  perhatian
         dalam melakukan revisi atau  menerbitkan versi berikut dari bahan
         ajar multimedia.





                                                                  91
   99   100   101   102   103   104   105   106   107   108   109