Page 104 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 104
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
dan hubungan navigasi yang akan dipakai oleh pihak pengguna
bahan ajar multimedia tersebut.
Berdasarkan rencana ini, tiap-tiap anggota mengem-
bangkan bagian-bagian bahan ajar multimedia. Apabila masing-
masing anggota tim telah menyelesaikan tugas masing-masing
bagian dari bahan ajar multimedia, pemrogram komputer
bertanggung jawab untuk merangkai bagian-bagian tersebut
menjadi satu rangkaian utuh bahan ajar multimedia. Selain itu,
perlu juga dibuat petunjuk instalasi dan pemakaian bahan ajar
mutlimedia tersebut.
Sebelum bahan ajar multimedia didistribusikan kepada
pemakai, sebaiknya dilakukan uji coba dan evaluasi terlebih
dahulu. Uji coba dilakukan oleh tim untuk melihat apakah bahan
ajar multimedia yang telah dikembangkan sesuai dengan yang
telah direncanakan atau ada hal-hal yang perlu direvisi, karena
telah terjadi kesalahan atau kelemahan dalam perencanaan.
Setelah dinyatakan lulus dalam uji coba oleh tim, sebaiknya
bahan ajar multimedia dievaluasi oleh pihak di luar tim secara
terbatas dengan kriteria evaluasi yang akan dijelaskan dalam
bagian berikut ini.
Bila telah lulus dalam evaluasi oleh pihak di luar tim
pengembang, maka selesailah pengembangan bahan ajar
multimedia tersebut. Namun hal ini tidak berarti tidak perlu ada
revisi pada masa yang akan datang. Perubahan dan
perkembangan ilmu dan pengetahuan yang relevan dengan
bahan ajar multimedia tersebut perlu mendapat perhatian untuk
revisi pada masa mendatang. Selain itu, perkembangan teknologi
yang dapat dipakai untuk mengemas bahan ajar multimedia
secara lebih efektif dan efisien juga perlu mendapat perhatian
dalam melakukan revisi atau menerbitkan versi berikut dari bahan
ajar multimedia.
91