Page 77 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 77

kenyataan,  peminjaman  tenaga  akademik  dari  perguruan

                                                 tinggi  lain  untuk  menulis  bahan  ajar  pada  umumnya  masih
                                                 tetap  dilakukan.  Tidak  ada  staf  akademik  yang  dapat  dibe-

                                                 baskan  dari  tugas-tugas  pengelolaan,  dan  karena  tugas
                                                 pengelolaan  sudah  menyita  sebagian  besar  waktu  kerjanya,

                                                 maka  tenaga  akademik  UT  yang  masih  mempunyai  waktu
                                                 untuk  menulis  bahan  ajar  sangat  jarang.  United  Kingdom

                                                 Open University-UKOU (Inggris) pernah mengalami kesulitan
                                                 mempunyai  staf  akademik  tetap  untuk  menulis  bahan  ajar.

                                                 Setelah  pekerjaan  penulisan  dan  revisi  bahan  ajar  selesai,
                                                 pimpinan  UKOU  kesulitan  untuk  mencari  pekerjaan  bagi

                                                 mereka.  Kebijakan  ini,  meskipun  sudah  diubah,  masih  sulit
                                                 dihindari, walaupun UT sudah berdiri lebih dari 20 tahun.


                                             ·  Kebijakan Mendidik Mahasiswa Guru SD dan Mahasiswa

                                                 Lain yang Sudah Bekerja
                                                 Dari pengalaman PTJJ di luar negeri, dapat diprediksi bahwa

                                                 UT  tidak  menjadi  pilihan  utama  bagi  mahasiswa  muda  yang
                                                 belum  bekerja,  sehingga  rencana  semula  untuk  menjadikan

                                                 UT  sebagai  PT  yang  dapat  menampung  lulusan  SMA  yang
                                                 belum  bekerja  tidak  berhasil.  Kemungkinan  besar  mereka

                                                 yang  baru  lulus  SMA  mencari  pekerjaan  dahulu  untuk
                                                 kemudian,  setelah  mendapatkan  pekerjaan,  mereka  men-

                                                 daftar  sebagai  mahasiswa  UT.  Kebetulan  pada  saat  itu
                                                 Pemerintah  mengusahakan  peningkatan  guru  SD  dari  hanya

                                                 lulusan SPG menjadi lulusan D2. Pemerintah menetapkan UT
                                                 sebagai  PT  yang  melaksanakan  peningkatan  ke  D2  tersebut,

                                                 karena  guru  SD  sukar  diganti  selama  menjalani  pendidikan,
                                                 dan UT dapat melaksanakan pendidikan D2 Pendidikan Guru



                                                                                                                     53
   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82