Page 77 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 77
kenyataan, peminjaman tenaga akademik dari perguruan
tinggi lain untuk menulis bahan ajar pada umumnya masih
tetap dilakukan. Tidak ada staf akademik yang dapat dibe-
baskan dari tugas-tugas pengelolaan, dan karena tugas
pengelolaan sudah menyita sebagian besar waktu kerjanya,
maka tenaga akademik UT yang masih mempunyai waktu
untuk menulis bahan ajar sangat jarang. United Kingdom
Open University-UKOU (Inggris) pernah mengalami kesulitan
mempunyai staf akademik tetap untuk menulis bahan ajar.
Setelah pekerjaan penulisan dan revisi bahan ajar selesai,
pimpinan UKOU kesulitan untuk mencari pekerjaan bagi
mereka. Kebijakan ini, meskipun sudah diubah, masih sulit
dihindari, walaupun UT sudah berdiri lebih dari 20 tahun.
· Kebijakan Mendidik Mahasiswa Guru SD dan Mahasiswa
Lain yang Sudah Bekerja
Dari pengalaman PTJJ di luar negeri, dapat diprediksi bahwa
UT tidak menjadi pilihan utama bagi mahasiswa muda yang
belum bekerja, sehingga rencana semula untuk menjadikan
UT sebagai PT yang dapat menampung lulusan SMA yang
belum bekerja tidak berhasil. Kemungkinan besar mereka
yang baru lulus SMA mencari pekerjaan dahulu untuk
kemudian, setelah mendapatkan pekerjaan, mereka men-
daftar sebagai mahasiswa UT. Kebetulan pada saat itu
Pemerintah mengusahakan peningkatan guru SD dari hanya
lulusan SPG menjadi lulusan D2. Pemerintah menetapkan UT
sebagai PT yang melaksanakan peningkatan ke D2 tersebut,
karena guru SD sukar diganti selama menjalani pendidikan,
dan UT dapat melaksanakan pendidikan D2 Pendidikan Guru
53