Page 27 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 27

perguruan  tinggi  swasta  adalah  sekitar  300.000  orang.  Peme-

                                             rintah menghendaki target bahwa pada akhir Repelita IV jumlah
                                             mahasiswa  yang  masuk  perguruan  tinggi  negeri  maupun  swasta

                                             dapat mencapai 1,5 juta orang. Selain itu perguruan tinggi harus
                                             merupakan  jembatan  antara  dunia  sains  dan  teknologi  dengan

                                             kebutuhan  masyarakat.  Dengan  demikian  pendidikan  tinggi
                                             berfungsi  sebagai  alat  nasional  untuk  memperbaiki  dan

                                             mengembangkan kualitas hidup manusia Indonesia.
                                                 Untuk  meningkatkan  angka  partisipasi  mahasiswa  dari

                                             700.000 orang menjadi 1.500.000 orang dalam kurun waktu lima
                                             tahun  diperlukan  suatu  pendekatan  lain,  karena  pendekatan

                                             konvensional  tidak  akan  mencapai  sasaran  tersebut.  Pertim-
                                             bangan  lain  adalah  sulitnya  melakukan  investasi  dalam

                                             penambahan  tenaga  pengajar  dan  ruang  kuliah,  karena  akan
                                             memakan waktu terlalu lama. Akhirnya cara yang dipilih adalah

                                             dengan  investasi  dalam  teknologi  pembelajaran.  Cara  belajar
                                             semacam  ini  sudah  lama  digunakan  di  Australia  dan  Selandia

                                             Baru.  Perguruan  tinggi  yang  khusus  dikembangkan  dengan
                                             belajar  seperti  ini  dilaksanakan  pula  dengan  baik  di  Afrika

                                             Selatan, Inggris, Thailand, dan Pakistan.
                                                 Pada  saat  itu,  Indonesia  bukan  pemain  baru  dalam  pendi-

                                             dikan  jarak  jauh  (PJJ).  Pendidikan  melalui  korespondensi  telah
                                             dilakukan  untuk  memperbaiki  mutu  guru,  dan  pendidikan

                                             melalui  radio  juga  sudah  dilaksanakan  oleh  Departemen  Perta-
                                             nian  untuk  kelompok-kelompok  petani.  Di  samping  itu,  Institut

                                             Pertanian  Bogor    bersama  dengan  Direktorat  Jenderal  Pendidik-
                                             an  Tinggi  sudah  melaksanakan  pendidikan  jarak  jauh  dengan

                                             menggunakan  satelit  untuk  memperbaiki  mutu  para  pengajar
                                             perguruan  tinggi  di  Indonesia  bagian  Timur.  Pendidikan  jarak



                                             2
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32