Page 246 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 246
baru lulus, yang melamar jadi dosen atau mereka yang belum
memiliki pengalaman melakukan kegiatan pembelajaran di pen-
didikan tinggi.
Program pelatihan bagi dosen junior pada awalnya dikem-
bangkan dengan melibatkan hampir semua dosen PTN yang
memiliki kepedulian terhadap peningkatan kualitas pembelajar-
an. Pengembangan program pelatihan memakan waktu hampir 3
tahun yang dimulai dari penentuan dan pengembangan kuri-
kulum pelatihan, pengembangan bahan pelatihan, penentuan
pola pelatihan, pembentukan tim pelatih di tingkat pusat dan
tingkat perguruan tinggi, penentuan pola uji coba dan
implementasi, sampai dengan penentuan pola monitoring dan
evaluasi. Program pelatihan pengembangan instruksional bagi
dosen junior ini selanjutnya disingkat PEKERTI, akronim dari
Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional. Lewat
program ini, dosen-dosen yunior yang sebelumnya hanya
memiliki kompetensi dalam bidang studi diberi bekal tentang
keterampilan pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan pada
saat mereka menjalankan profesinya sebagai dosen, selain
mereka menguasai bidang ilmu, mereka juga terampil membe-
lajarkan bidang ilmu tersebut sesuai dengan karakteristik
bidang ilmu dan karakteristik mahasiswa yang diajarnya.
Bersamaan dengan pengembangan program PEKERTI, PAU-
PPAI UT diberi tugas untuk membenahi program AA (Applied
Approach), yang sebelumnya ditangani oleh proyek NUFFIC-
Depdikbud dengan bantuan konsultan dari Belanda. Sama
halnya dengan program PEKERTI, pembenahan program AA pun
dilakukan dengan melibatkan beberapa dosen dan pakar dari
berbagai PTN di tanah air dan memakan waktu sekitar dua
222