Page 246 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 246

baru  lulus,  yang  melamar  jadi  dosen  atau  mereka  yang  belum

                                             memiliki  pengalaman  melakukan  kegiatan  pembelajaran  di  pen-
                                             didikan tinggi.

                                                 Program  pelatihan  bagi  dosen  junior  pada  awalnya  dikem-
                                             bangkan  dengan  melibatkan  hampir  semua  dosen  PTN  yang

                                             memiliki  kepedulian  terhadap  peningkatan  kualitas  pembelajar-
                                             an. Pengembangan program pelatihan memakan waktu hampir 3

                                             tahun  yang  dimulai  dari  penentuan  dan  pengembangan  kuri-
                                             kulum  pelatihan,  pengembangan  bahan  pelatihan,  penentuan

                                             pola  pelatihan,  pembentukan  tim  pelatih  di  tingkat  pusat  dan
                                             tingkat  perguruan  tinggi,  penentuan  pola  uji  coba  dan

                                             implementasi,  sampai  dengan  penentuan  pola  monitoring  dan
                                             evaluasi.  Program  pelatihan  pengembangan  instruksional  bagi

                                             dosen  junior  ini  selanjutnya  disingkat  PEKERTI,  akronim  dari
                                             Peningkatan  Keterampilan  Dasar  Teknik  Instruksional.    Lewat

                                             program  ini,  dosen-dosen  yunior  yang  sebelumnya  hanya
                                             memiliki  kompetensi  dalam  bidang  studi  diberi  bekal  tentang

                                             keterampilan  pembelajaran.  Dengan  demikian,  diharapkan  pada
                                             saat  mereka  menjalankan  profesinya  sebagai  dosen,  selain

                                             mereka  menguasai  bidang  ilmu,  mereka  juga  terampil  membe-
                                             lajarkan  bidang  ilmu  tersebut  sesuai  dengan  karakteristik

                                             bidang ilmu dan karakteristik mahasiswa yang diajarnya.
                                                 Bersamaan  dengan  pengembangan  program  PEKERTI,  PAU-

                                             PPAI  UT  diberi  tugas  untuk  membenahi  program  AA  (Applied
                                             Approach),  yang  sebelumnya  ditangani  oleh  proyek  NUFFIC-

                                             Depdikbud  dengan  bantuan  konsultan  dari  Belanda.  Sama
                                             halnya dengan program PEKERTI, pembenahan program AA pun

                                             dilakukan  dengan  melibatkan  beberapa  dosen  dan  pakar  dari
                                             berbagai  PTN  di  tanah  air  dan  memakan  waktu  sekitar  dua



                                             222
   241   242   243   244   245   246   247   248   249   250   251