Page 250 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 250

lajaran  Matematika  di  PT,  Hakikat  Pembelajaran  MIPA  dan  Kiat

                                             Pembelajaran Kimia  di PT, Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat
                                             Pembelajaran  Fisika  di  PT,  dan  Memotivasi  Mahasiswa  untuk

                                             Kuliah  dan  Belajar  Sepanjang  Hayat.  Sementara  suplemen
                                             PEKERTI/AA  untuk  rumpun  bidang  studi  Seni  terdiri  dari  3

                                             buku,  yaitu  Hakikat  dan  Kiat  Pembelajaran  Seni  Rupa,  Hakikat
                                             dan  Kiat  Pembelajaran  Seni  Media  Rekam,  serta  Hakikat  dan

                                             Kiat Pembelajaran Seni Pertunjukan.
                                                 Akan  halnya  program  peningkatan  dan  pengembangan

                                             pembelajaran  jarak  jauh,  yang  semula  baru  pada  program
                                             Pembelajaran  Berbantuan  Komputer  (PBK)  dan  PATUT,  maka

                                             pada  periode  ini  kegiatannya  lebih  ditingkatkan  lagi  kepada
                                             kegiatan  dan  program  yang  lebih  menyentuh  kebutuhan  dosen

                                             UT.  Kegiatan-kegiatan  yang  dilaksanakan  pada  periode  ini  di
                                             antaranya adalah:

                                             1.  Program  Kajian  Bahan  Ajar,  merupakan  kegiatan  yang
                                                 dirancang  untuk  memberikan  pengalaman  nyata  pada  dosen-

                                                 dosen UT di dalam mengkaji dan mengembangkan bahan ajar
                                                 jarak  jauh  dengan  pendekatan  tim  mata  kuliah.  Dalam  tim

                                                 mata  kuliah  ini  terdapat  ahli  materi,    ahli  media,  perancang
                                                 instruksional, dan ilustrator. Kegiatan ini berlangsung  cukup

                                                 lama,  sekitar  dua  tahun,  dan  telah  dihasilkan  10  prototipe
                                                 bahan ajar jarak jauh sebagai bukti produknya.

                                             2.  Program  Evaluasi  Matakuliah,  merupakan  kegiatan  yang
                                                 dirancang untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan

                                                 pengalaman  nyata  kepada  dosen-dosen  UT  tentang  pelak-
                                                 sanaan  evaluasi  mata  kuliah,  yang  meliputi  evaluasi

                                                 menyeluruh  terhadap  bahan  ajar  cetak  dan  noncetak,  hasil





                                             226
   245   246   247   248   249   250   251   252   253   254   255