Page 245 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 245
upaya-upaya peningkatan mutu
pembelajaran dosen di PT lewat
program-progam pelatihan yang
dikembangkan.
Program-progam PAU-PPAI pada
tahun pertama dan kedua pada
periode ke dua ini lebih ditekan-
kan pada penyelesaian program-
program yang didanai Bank Dunia,
seperti pengelolaan program pen-
didikan bergelar di luar negeri,
Pelatihan yang diselenggarakan pendidikan dan pelatihan tanpa gelar di dalam negeri,
oleh PAU
penelitian instruksional, dan pengelolaan pengembangan bahan-
bahan instruksional. Pada periode ini telah dilaksanakan
pengelolaan 20 kegiatan seminar/lokakarya, 20 kegiatan latihan
singkat, 17 kegiatan magang dalam negeri, 9 kegiatan magang
luar negeri, 18 judul penelitian instruksional, dan pengelolaan
pengembangan sejumlah bahan-bahan instruksional.
Dengan berakhirnya proyek Bank Dunia XVII, maka fungsi
dan peran PAU-PPAI berubah, tidak lagi mengelola program-
program sebagaimana tertera dalam misi proyek Bank Dunia,
tetapi lebih memerankan diri sebagai agen perubahan yang
menangani peningkatan kualitas pembelajaran di pendidikan
tinggi. Dengan menggunakan dana rupiah murni yang dialo-
kasikan lewat DIP, PAU-PPAI ditugaskan oleh Direktorat
Pembinaan Sarana Akademik (Dirbinsarak) -Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi untuk menginisiasi pengembangan program
pelatihan pengembangan instruksional bagi dosen yunior. Yang
dimaksud dengan dosen junior di sini adalah dosen-dosen yang
221