Page 243 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 243
bangan instruksional yang ditangani PAU-PPAI pada saat itu
dikategorikan ke dalam program sebagai berikut:
1. Pendidikan bergelar dan tidak bergelar dalam bidang
Teknologi Pendidikan. Kesempatan mengikuti program
pendidikan bergelar terbuka untuk semua dosen perguruan
tinggi yang memenuhi syarat untuk meningkatkan kualifi-
kasinya (S2 dan S3) dalam bidang teknologi pendidikan di
perguruan tinggi luar negeri. Sampai dengan tahun 1990,
telah dihasilkan 10 orang lulusan S3 dan 5 orang lulusan S2.
Perguruan tinggi yang dijadikan tempat studi oleh ke 15
orang lulusan program pendidikan bergelar di antaranya
adalah Syracuse University, Indiana University, Florida State
University, Concordia University, dan Suny Albany
University.
Selain program bergelar, PAU-PPAI juga membiayai program
pendidikan dan pelatihan tanpa gelar dalam bentuk
seminar/lokakarya, latihan singkat dan magang, semuanya
dalam bidang teknologi pembelajaran. Program tanpa gelar
ini dilakukan di dalam dan di luar negeri. Untuk program
pendidikan dan pelatihan tanpa gelar di dalam dan di luar
negeri, PAU-PPAI telah membiayai 23 kegiatan seminar/
lokakarya, 11 kegiatan latihan singkat, 17 kegiatan magang
di dalam negeri, dan 15 kegiatan magang di luar negeri.
2. Penelitian Instruksional/Pembelajaran: merupakan kegi-
atan pemberian dana hibah penelitian dalam bidang pembe-
lajaran kepada seluruh dosen PTN. Dalam jangka waktu lima
tahun, telah dibiayai 67 judul penelitian dalam bidang
pembelajaran.
219