Page 249 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 249
Periode III (1997-2001)
Pada permulaan periode ini, program PEKERTI/AA sudah
berjalan selama 3 tahun. Untuk mengetahui manfaat program ini
bagi dosen muda, PAU-PAI mengajukan program penelitian
hibah bersaing ke DIKTI dan berhasil memperolehnya. Dengan
dana penelitian hibah bersaing ini, maka pada tahun 1997 PAU-
PAI melakukan penelitian evaluasi terhadap program PEKERTI
yang sudah dilaksanakan di hampir seluruh PTN yang telah
memiliki tim Inti PEKERTI/AA dan telah pernah melaksanakan
program PEKERTI bagi dosen-dosennya. Hasil dari evaluasi ini
memberikan informasi tentang perlunya dilakukan rekonstruksi
terhadap program dan kurikulum PEKERTI/AA. Rekonstruksi
menghasilkan program PEKERTI/AA yang utuh dengan materi
pelatihan yang dikemas dalam sistem modular. Dari segi fisik,
bahan pelatihan PEKERTI yang semula dikemas dalam 3 buku,
dengan sistem modular dikembangkan menjadi 16 buku; bahan
pelatihan AA yang semula dikemas dalam 4 buku, dikembang-
kan menjadi 12 buku.
Seiring dengan semakin diterimanya program PEKERTI/AA di
PTN dan beberapa PTS, muncul tuntutan untuk mengembangkan
suplemen PEKERTI/AA berdasarkan rumpun bidang ilmu. Maka
pada periode ketiga ini selain melakukan rekonstruksi terhadap
program dan kurikulum PEKERTI/AA, PAU-PAI pun diminta oleh
DIKTI untuk melakukan pengembangan suplemen program
PEKERTI untuk rumpun bidang studi MIPA dan SENI. Suplemen
PEKERTI/AA untuk rumpun bidang studi MIPA terdiri dari lima
buku, yaitu Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran
Biologi di PT. Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembe-
225