Page 76 - Nyala Daya Juang Para Guru Bangsa : Kisah Inspiratif Mahasiswa FKIP UT Seri 2
P. 76

alternatif, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
                 Husna juga mengajak siswa belajar di alam terbuka dan melibatkan
                 mereka dalam kegiatan ekstrakurikuler yang mengedepankan
                 keterampilan lokal dan budaya setempat.

                     Saat kurikulum nasional berubah ke Kurikulum 2013, Husna merasa
                 kewalahan, tetapi ia tidak menyerah. Ia mengikuti pelatihan, berdiskusi
                 dengan rekan-rekan guru, dan mempelajari metode baru untuk
                 menyesuaikan pengajaran dengan kondisi sekolah dan kebutuhan siswa.
                 Pengalaman ini mengajarkan Husna bahwa menjadi guru berarti harus
                 selalu siap beradaptasi dan terus belajar. Keterbatasan yang ada justru
                 mendorongnya untuk berpikir kreatif, mencari solusi inovatif, dan
                 menjadikan tantangan sebagai sumber kekuatan.


                 Memilih Masa Depan :
                 Memilih Mas  a Depan :
                 Perjalanan Husna ke Universitas Terbuka
                 Perjalanan Husna ke Universitas T    erbuka
                     Setelah berhasil mengatasi
                 berbagai tantangan di SMA
                 Negeri 1 Tebing Tinggi Barat,      "Keputusan untuk melanjutkan
                 Husna     merasa     perlunya    pendidikan adalah langkah menuju
                 terus   berkembang      untuk   masa depan yang lebih baik, di mana
                 memberikan pendidikan yang        setiap pengetahuan baru menjadi
                 lebih baik kepada siswanya.      kekuatan untuk memajukan generasi
                 Kesadaran ini mendorongnya                berikutnya."
                 melanjutkan   pendidikan   di           — [Husna, 2024]
                 Universitas Terbuka (UT), yang
                 menawarkan fleksibilitas tanpa
                 harus meninggalkan tanggung
                 jawabnya sebagai guru.
                     Husna memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi di Fakultas
                 Keguruan  dan  Ilmu  Pendidikan  (FKIP)  Universitas  Terbuka  karena  ia
                 melihat potensi besar dalam mengintegrasikan pengetahuan ekonomi
                 ke dalam pengajaran di sekolah. Ia percaya bahwa pemahaman
                 ekonomi  akan memberikan siswa keterampilan praktis  yang  relevan
                 dengan kehidupan sehari-hari, seperti pengelolaan keuangan dan

                       Nyala Daya Juang Para Guru Bangsa Seri 2
                 64    Kisah Inspiratif Mahasiswa FKIP UT
   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81