Page 22 - bnbb_301_r
P. 22

JENDELA LITERASI GENERASI BANGSA

            dan alternatif penyediaan pendidikan berkualitas yang dapat menjangkau
            seluruh lapisan masyarakat. 20
                 Konsep PTJJ sebenar-nya sudah diperkenalkan pada abad ke-19, atau
            tepatnya pada tahun 1830, ketika University of London di lnggris didirikan
            sebagai institusi pusat yang melaksanakan pengujian dan memberikan
            gelar,  sementara  proses
            pembelajaran dilaksanakan
            oleh institusi lainnya di
            wilayah setempat. Konsep
            ini muncul terkait dengan
            konteks historis lnggris pada
            masa itu yang mempunyai
            banyak koloni. Mahasiswa
            yang berada di lnggris
            maupun yang berlokasi di
            wilayah koloni lnggris di  University of London          Wikipedia
            seluruh dunia tetap dapat
            menempuh ujian untuk mendapatkan gelar dari University of London,
                                             meskipun proses pembelajaran
                                             para     mahasiswa     tersebut
                                             dilakukan oleh institusi yang
                                             berada di wilayah masing-masing.
                                                  Pada    tahun    1950-an,
                                             University  of  New    England
                                             didirikan     dengan      misi
                                             menyelenggarakan      program
                                             modus rangkap, yaitu program
                                             yang     menerapkan     sistem
                                             pendidikan tatap muka dan jarak
            University of New England  Wikipedia  jauh sekaligus. Program modus
            rangkap ini kemudian diikuti oleh banyak negara yang menghadapi
            permasalahan geografis dan demografis yang relatif sama .
                                                             21
                 Sekitar perempat terakhir abad ke-19,  University of Chicago dan
            Illinois Wesleyan College di Amerika Serikat juga memperkenalkan
            suatu program ekstensi sebagai alternatif cara dalam menjangkau warga
            masyarakat yang tidak dapat mengikuti program tatap muka di kampus


            20  Wahyono dan Setijadi,  Universitas Terbuka: Dulu, Kini, dan Esok, Pusat Penerbitan  Universitas Terbuka, Tanggerang,

            2004, h.13.
            21 Ibid, h.15-16.
            8
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27