Page 19 - bnbb_301_r
P. 19

Empat Dasawarsa Perpustakaan Universitas Terbuka

                                         Batavia (Jakarta) . Setelah Republik
                                                        13
                                         Indonesia berdaulat penuh, pemerintah
                                         RI juga mempertimbangkan untuk
                                         menggabungkan    perguruan   tinggi
                                         yang tersebar di kota-kota lainnya
                                         menjadi satu dalam wadah  Universitas.
                                         Penggabungan perguruan tinggi oleh
                                         pemerintah Indonesia pertama kalinya
                                         dilakukan di Yogyakarta. Merujuk pada
                                         peraturan pemerintah 1949 No.23,
                                         semua perguruan tinggi di Yogyakarta
            Gedung Geneeskundige  Wikipedia  digabungkan menjadi satu universitas
            Hogeschool, Batavia, 1927
                                                                         14
            (Gedung Fakultas Kedokteran   dengan nama  Universitas Gajah Mada .
              Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta)
            Gagasan Pendidikan Jarak Jauh
                 Pendidikan Jarak Jauh atau PJJ adalah suatu metode pendidikan yang
            memiliki karakteristik berbeda dari lembaga pendidikan konvensional
            pada umumnya. Karakteristik  pendidikan jarak jauh diantaranya adalah:
                                                                         15
                 1.  Pendidik tidak berada di lokasi yang sama dengan peserta didik
                    selama proses pembelajaran.
                 2.  Institusi pendidikan sangat berperan penting dalam perencanaan
                    dan pengembangan bahan pembelajaran.
                 3.  Bebas menggunakan berbagai macam media pembelajaran.
                 4.  Komunikasi dua arah terjalin secara tidak langsung (melalui
                    media komunikasi).
                 5.  Frekuensi tatap muka di kelas atau dalam kelompok sangat
                    terbatas.
                 6.  Melahirkan bentuk industrialisasi pendidikan dalam pengem-
                    bangan, pengadaan, dan pendistribusian bahan pembelajaran.
                 7.  Individualisasi proses pembelajaran.

                 Definisi klasik dan karakteristik PJJ bahkan masih terus relevan pada
            perkembangan sosial, ekonomi dan teknologi hingga saat ini (Keegan,
            1993; Saba, 2003). Menurut Stewart, Keegan & Holmberg (1983), ada
            tiga landasan prinsip dalam penyelenggaraan sistem PJJ yang harus
            13 Markum, Enoch, Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia, UI Press, Jakarta,
            2007, h. 28-29.
            14  Ibid, h. 31.


            15  Wahyono dan Setijadi,  Universitas Terbuka: Dulu, Kini, dan Esok, Pusat Penerbitan  Universitas Terbuka, Tanggerang,
            2004, h. 8.
                                                                          5
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24