Page 422 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 422

Trends in Science and Technology   383
                                                   for Sustainable Living


                penyuluh,  karena  proses  pembelajaran  terjadi  di  lahan  atau  di
                tempat berkumpul petani, maka sarana yang digunakan adalah
                sarana yang ada di tempat petani.  Namun demikian penyuluh
                umumnya membawa alat bantu atau alat peraga yang dibutuhkan,
                seperti peta singkap atau brosur-brosur terkait materi yang akan
                disampaikan yang diperolehnya saat mengikuti pertemuan dengan
                sesama  penyuluh  lain.  Sejumlah  penyuluh  juga  mengungkapkan,
                fasilitasi  sarana  pembelajaran  yang  lengkap  umumnya  tersedia
                pada saat dilakukan kegiatan pelatihan atau penyelenggaraan
                penyuluhan yang sudah diprogramkan, seperti sekolah lapang,
                demonstrasi atau kursus tani. Di Kabupaten Cianjur, pelatihan yang
                sering dilakukan bagi petani adalah pelatihan tentang komoditas
                organik, baik komoditas padi maupun komoditas hortikultura,
                sedangkan di Kabupaten Bogor adalah SLPTT dan SLPHT. Terkait
                dengan pengakuan sejumlah penyuluh yang tidak pernah
                menyiapkan pihak yang akan memberikan materi penyuluhan,
                penyuluh mengaku bahwa dirinya adalah petani yang berperan
                sebagai penyuluh swadaya, dan merasa berhak memberikan
                materi penyuluhan oleh dirinya sendiri.
                     Fungsi fasilitasi dalam proses pembelajaran dilakukan
                penyuluh bukan hanya menyampaikan informasi, tapi lebih ke
                pelayanan  kepada  petani  dalam  mengatasi  permasalahan
                usahatani,  menyiapkan  materi  yang  dibutuhkan  petani,
                menyiapkan  metode  dan  sarana  pembelajaran  yang  tepat  bagi
                petani dan menjadi pengarah dalam penyelenggaraan proses
                belajar petani (Yunasaf & Tasripin, 2011; Faqih, 2014).  Mengacu pada
                pendapat tersebut, dalam penelitian ini penyuluh dapat dikatakan
                telah menjalankan fungsinya sebagai fasilitator pembelajaran.

                b.   Tingkat Fasilitasi pada Akses Informasi, Teknologi, dan
                     Sumberdaya
                     Tingkat  fasilitasi  pada akses  informasi,  teknologi  dan
                sumberdaya dilihat dari pendapat responden atas sejumlah
                pernyataan yaitu bahwa penyuluh mampu: (1) mencari sumber
                informasi ketersediaan sumberdaya pendukung usahatani,
                (2) mencari informasi tentang keberhasilan  pertanian di wilayah
   417   418   419   420   421   422   423   424   425   426   427