Page 378 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 378
Trends in Science and Technology 339
for Sustainable Living
MODEL BISNIS APLIKASI PEMASARAN DIGITAL
UNTUK PRODUK PERIKANAN
BUSINESS MODEL OF MARKETING APPLICATION
ON FISHERIES PRODUCT
1*
1
Bayu Eka Wicaksana , Venty Fitriany Nurunisa , Moh Nur Nawawi 1
1 Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi,
Universitas Terbuka
*bayueka@ecampus.ut.ac.id
ABSTRAK
Sektor perikanan merupakan mega sektor yang memberikan
kontribusi bagi Indonesia. Karakteristik produk perikanan dan
kondisi geografis Indonesia merupakan tantangan bagi pemasaran
dan distribusi produk perikanan. Permasalahan pemasaran
produk perikanan yang efisien membutuhkan upaya yang serius
dan kolektif. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisa
model bisnis pada pengembangan aplikasi pemasaran produk
perikanan sehingga penciptaan teknologi dalam membantu
penyelesaian masalah tataniaga perikanan dapat berhasil dan
berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan menggunakan kerangka sembilan elemen Model Bisnis
Kanvas. Berdasarkan hasil analisa model bisnis yang dilakukan,
segmen konsumen yang potensial dalam pengembangan model
bisnis ini diantaranya adalah pelaku usaha pada sistem bisnis
perikanan dan konsumen dengan pemahaman teknologi yang
cukup baik. Proposisi nilai dapat menekankan pada variasi produk,
jaminan kualitas, layanan yang cepat tanggap melalui aplikasi,
dan distribusi, serta penanganan produk perikanan yang menjaga
kualitas. Saluran pemasaran fokus kepada pemanfaatan website,