Page 378 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 378

Trends in Science and Technology   339
                                                   for Sustainable Living



                   MODEL BISNIS APLIKASI PEMASARAN DIGITAL
                            UNTUK PRODUK PERIKANAN

                  BUSINESS MODEL OF MARKETING APPLICATION
                              ON FISHERIES PRODUCT


                                 1*
                                                      1
                 Bayu Eka Wicaksana , Venty Fitriany Nurunisa , Moh Nur Nawawi 1
                     1 Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi,
                                   Universitas Terbuka


                               *bayueka@ecampus.ut.ac.id

                                       ABSTRAK

                Sektor perikanan merupakan mega sektor yang memberikan
                kontribusi bagi Indonesia. Karakteristik produk perikanan dan
                kondisi geografis Indonesia merupakan tantangan bagi pemasaran
                dan distribusi produk perikanan. Permasalahan pemasaran
                produk perikanan yang efisien membutuhkan upaya yang serius
                dan  kolektif.  Tujuan  dari  artikel  ini  adalah  untuk  menganalisa
                model bisnis pada pengembangan aplikasi pemasaran produk
                perikanan sehingga penciptaan teknologi dalam membantu
                penyelesaian masalah tataniaga perikanan dapat berhasil dan
                berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
                dengan menggunakan kerangka sembilan elemen Model Bisnis
                Kanvas. Berdasarkan hasil analisa model bisnis yang dilakukan,
                segmen konsumen yang potensial dalam pengembangan model
                bisnis ini diantaranya adalah pelaku usaha pada sistem bisnis
                perikanan dan konsumen dengan pemahaman teknologi yang
                cukup baik. Proposisi nilai dapat menekankan pada variasi produk,
                jaminan kualitas, layanan yang cepat tanggap melalui aplikasi,
                dan distribusi, serta penanganan produk perikanan yang menjaga
                kualitas. Saluran pemasaran fokus kepada pemanfaatan website,
   373   374   375   376   377   378   379   380   381   382   383