Page 146 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 146

Trends in Science and Technology   107
                                                   for Sustainable Living


                Pendekatan axiomatic design
                     Pendekatan ini telah banyak dipergunakan karena
                rancangan (baik rancangan awal maupun rancang ulang)
                produk, proses maupun organisasi dimulai  dari mendeskripsikan
                masalah atau kebutuhan pelanggan. Salah satu kendala adalah
                definisi masalah yang berlainan oleh kelompok atau individu yang
                berbeda. Kesulitan akan timbul menjelang akhir rancangan karena
                perbedaan persepsi dan untuk menghindari hal tersebut, masalah
                atau kebutuhan pelanggan dideskripsikan secara jelas dan rinci,
                sampai tahap operasional. Salah satu solusinya, perancang
                mempergunakan  konsep  AD,  membantu  perancang  yang
                mendeskripsikan tahapan kegiatan rancangan sesuai dengan
                kebutuhan  pelanggan,  sehingga  rancangan  lebih  efisien  dan
                berhasil daripada sebelumnya (Triwidiastuti, 2010). Konsep utama
                dalam AD terdiri dari Domain, Hierarchies, Zigzagging dan Design
                axioms.

                a.   Domain
                     Domain adalah kebutuhan spesifik pada satu domain yang
                dipetakan pada tahap perancangan (design) berupa parameter-
                parameter karakteristik.

                                   Tabel 3. Domain AD

                    Tahap
                             Domain Rancangan     Elemen Rancangan
                  Rancangan
                Rancangan    Pelanggan         -  Kebutuhan pelanggan (CNs),
                konsep                         adalah manfaat/keuntungan
                                               yang ingin diperoleh
                                               pelanggan.
                                               -  Kebutuhan pelanggan
                                               ini diidentifikasi dan
                                               dideskripsikan ke dalam
                                               bentuk fungsional dan
                                               operasional.
   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151