Page 94 - 39 Tahun Universitas Terbuka: Tatanan dan Budaya Kerja Baru Mewujudkan Indonesia Maju
P. 94

Budaya Kerja Baru  93
                                                                                                                       Universitas Terbuka





                         Setiap pegawai harus memiliki rencana                       •  Pengalaman kerja

                         karier yang jelas dan terstruktur agar                          Pengembangan karier juga dapat
                         dapat     memahami         kemampuan         dan                mencakup memberikan kesempatan
                         tujuan karier mereka. Rencana karier ini                        bekerja pada proyek-proyek yang lebih
                         harus mencakup tujuan jangka pendek,                            menantang atau di divisi yang berbeda

                         menengah, dan panjang serta langkah-                            untuk memperluas pengalaman kerja
                         langkah konkret yang dapat dilakukan untuk                      dan     meningkatkan        pemahaman
                         mencapai tujuan tersebut. Rencana karier                        tentang organisasi secara keseluruhan.
                         ini harus dipertimbangkan oleh pegawai

                         bersama dengan pimpinan. Pada dasarnya,                     •  Mentoring dan konseling
                         pengembangan  karier dapat mencakup                             Pegawai dapat memperoleh bimbingan
                         beberapa aspek berikut.                                         dan dukungan dari mentor atau
                                                                                         konselor yang berpengalaman untuk
                          •  Pelatihan        dan       pengembangan                     membantu memahami potensi karier

                             keterampilan
                                                                                         dan mengembangkan keterampilan
                             Hal ini mencakup pelatihan keterampilan                     dan kemampuan  yang  diperlukan
                             teknis dan nonteknis yang dapat                             untuk mencapai tujuan karier mereka.
                             membantu        pegawai      meningkatkan               •  Penilaian kinerja dan umpan balik
                             kemampuan  dalam  pekerjaan  dan

                             mempersiapkan mereka untuk peran                            Penilaian kinerja dan umpan balik yang
                             yang lebih besar pada masa depan.                           terstruktur dapat membantu pegawai
                                                                                         mengidentifikasi       kekuatan       dan
                          •  Peningkatan kualifikasi
                                                                                         kelemahan mereka serta membantu
                             Pegawai dapat meningkatkan kualifikasi                      merencanakan pengembangan karier
                             melalui pendidikan lanjutan, kursus                         yang tepat.
                             tambahan,  dan  sertifikasi  yang  relevan
                             dengan pekerjaan mereka.
   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99