Page 173 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 173
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
Area Mutu Jumlah Area Mutu Jumlah 161
No. SIMINTAS Kebijakan SIMINTAS Kebijakan
2012 Mutu 2022 Mutu
5. Rancangan dan 12 Mahasiswa dan Profil 10
Pengembangan Mahasiswa
Program
6. Rancangan dan 11 Perancangan dan 13
Pengembangan Pengembangan
Mata Kuliah Program Studi
7. Layanan Bantuan 10 Perancangan dan 9
Belajar Pengembangan Mata
Kuliah
8. Prasarana, Media, 4 Prasarana, Media, 9
dan Sumber Belajar dan Sumber Belajar
9. Penilaian dan 22 Pembelajaran dan 14
Evaluasi Mahasiswa Layanan Bantuan
Belajar
10. Penelitian dan 13 Penilaian dan 17
Pengabdian Evaluasi Keberhasilan
kepada Masyarakat Belajar Mahasiswa
11. - Penelitian dan 11
Pengabdian kepada
Masyarakat
12. - Kerja Sama 6
Total 110 150
Dari Tabel 5.3, terlihat bahwa area mutu pada SIMINTAS 2022
mengalami pengembangan pada aspek proses, khususnya terkait area
aksesibilitas, pembelajaran dan layanan bantuan belajar, serta kerja sama.
Aksesibilitas memang sekarang ini menjadi isu yang sangat penting
untuk mencapai Sustainable Development Goal 4 tentang inclusivity
pendidikan. Aspek ini juga ditekankan baik oleh kebijakan Pemerintah
Indonesia seperti tertuang dalam Permendikbud Nomor 109 Tahun
2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan
Tinggi maupun oleh Standards and Guidelines for Quality Assurance in
the European Higher Education Area (ESG 2015) dan E-xcellence - Quality
Assessment for E-learning a Benchmarking Approach dari EADTU.
Aspek pembelajaran dan layanan bantuan belajar dan aspek
kerja sama juga dinilai signifikan untuk penjaminan mutu pada era
sekarang. Hal ini terkait dengan perkembangan teknologi pembelajaran