Page 173 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 173

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

                   Area Mutu     Jumlah       Area Mutu      Jumlah     161
           No.     SIMINTAS     Kebijakan     SIMINTAS      Kebijakan
                     2012         Mutu          2022          Mutu
            5.  Rancangan dan       12    Mahasiswa dan Profil   10
                Pengembangan              Mahasiswa
                Program
            6.  Rancangan dan     11      Perancangan dan     13
                Pengembangan              Pengembangan
                Mata Kuliah               Program Studi
            7.  Layanan Bantuan   10      Perancangan dan      9
                Belajar                   Pengembangan Mata
                                          Kuliah
            8.  Prasarana, Media,   4     Prasarana, Media,    9
                dan Sumber Belajar        dan Sumber Belajar
            9.  Penilaian dan       22    Pembelajaran dan    14
                Evaluasi Mahasiswa        Layanan Bantuan
                                          Belajar
            10.  Penelitian dan   13      Penilaian dan       17
                Pengabdian                Evaluasi Keberhasilan
                kepada Masyarakat         Belajar Mahasiswa
            11.  -                        Penelitian dan      11
                                          Pengabdian kepada
                                          Masyarakat
            12.  -                        Kerja Sama           6
           Total                  110                         150




              Dari  Tabel 5.3, terlihat bahwa area mutu pada SIMINTAS 2022
          mengalami pengembangan pada aspek proses, khususnya terkait area
          aksesibilitas, pembelajaran dan layanan bantuan belajar, serta kerja sama.
          Aksesibilitas memang sekarang ini menjadi isu yang sangat penting
          untuk mencapai  Sustainable Development Goal 4 tentang  inclusivity
          pendidikan. Aspek ini juga ditekankan baik oleh kebijakan Pemerintah
          Indonesia seperti tertuang dalam Permendikbud Nomor 109  Tahun
          2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan
          Tinggi maupun oleh  Standards and Guidelines for Quality Assurance in
          the European Higher Education Area (ESG 2015) dan E-xcellence - Quality
          Assessment for E-learning a Benchmarking Approach dari EADTU.
              Aspek pembelajaran dan layanan bantuan belajar dan aspek
          kerja sama juga dinilai signifikan untuk penjaminan mutu pada era
          sekarang. Hal ini terkait dengan perkembangan teknologi pembelajaran
   168   169   170   171   172   173   174   175   176   177   178