Page 106 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 106
Fitur yang ada dalam Kahoot didesain untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam
menggali informasi terkait materi yang disajikan. Fitur tersebut juga didukung oleh tampilan,
warna, waktu dan alternatif jawaban yang menarik bagi siswa sehingga hal tersebut secara
langsung mampu meningkatkan atensi dan konsentrasi siswa untuk terikat dalam aktivitas
belajarnya. Selain itu, adanya menu musik yang dimainkan bersamaan dengan aktivitas
Kahoot mampu memberikan semangat dan antusias siswa untuk fokus pada apa yang
disediakan dalam aktivitas Kahoot tersebut.
Faktor-faktor yang Menentukan Keberhasilan Penggunaan Kahoot
Kahoot adalah media penyedia pembelajaran yang mudah dan bisa dipakai kapan saja
untuk menunjang proses pembelajaran di dalam atau luar kelas. Beberapa faktor bisa
menentukan sejauhmana Kahoot ini berjalan optimal, yaitu (1) koneksi internet, (2) situasi
psikologis pengguna, serta (3) penguasaan materi dan pengetahuan terkait. Koneksi internet
adalah hal yang penting untuk melakukan aktivitas di Kahoot. Ketersediaan internet yang
cepat dan memadai mampu membuat peserta dengan cepat mengikuti stimulus yang
diberikan. Internet yang lancar juga akan membuat pelaksanaan selama kegiatan bisa
menyerap jawaban dan informasi yang diinginkan. Kedua adalah situasi psikologis para
pengguna Kahoot. Terkadang mereka yang tidak siap dengan kuis yang akan diberikan akan
berdampak pada ketidakfokusan dalam mengerjakan persoalan, terlebih jika kondisi emosi
yang dirasakan sedang tidak stabil. Faktor selanjutnya yang juga penting adalah penguasaan
materi dari peserta didik itu sendiri. Mereka yang memahami materi secara mendalam akan
dengan mudah mengerjakan persoalan yang ada, sehingga hal itu akan berdampak pada
ketenangan dan konsentrasi dalam menjawab soal.
Studi Terkait Penggunaan Kahoot
Penggunaan Kahoot tentunya sudah dipakai oleh banyak level pendidikan dan sekolah,
hal ini wajar jika banyak muncul studi atau penelitian yang mencoba melihat Kahoot dalam
beragam perspektif. Warsihna dkk. (2019) melakukan studi eksperimental yang bertujuan
untuk melihat efektivitas dari penggunaan Kahoot terhadap peningkatan berpikir kritis
Pendidikan Untuk Generasi Z 95