Page 109 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 109

Penggunaan  Kahoot  dalam  pembelajaran  memungkinkan  munculnya  interaksi  yang
























                                                                                                                                                    siginifikan antara mesin dan subjek. Hal itu akan berdampak terhadap kesiapan dan optimalisasi

























                                                                                                                                                    yang terjadi bagi para penggunannya. Ketika seseorang mampu mempersiapkan secara matang

























                                                                                                                                                    berbagai faktor yang mendukung Kahoot, maka hasilnya akan menyenangkan. Namun berbeda
























                                                                                                                                                    ketika  yang  terjadi  adalah  inkonsistensi  dan  ketidakstabilan  diri  dari  penggunanya,  maka

























                                                                                                                                                    pembelajaran  itu mungkin  tidak  akan  berjalan  optimal.  Hasil studi  yang  dilakukan  tersebut
























                                                                                                                                                    ternyata menyimpulkan bahwa penggunaan Kahoot merupakan manifestasi dari interaksi antara

























                                                                                                                                                    manusia dan mesin. Mesin dalam hal ini adalah penggunaan teknologi pendidikan bisa berdampak
























                                                                                                                                                    sangat positif terhadap kemajuan individu ketika dimanfaatkan dengan benar dan seksama.

























                                                                                                                5. Kata Kunci

























                                                                                                                                            • Afektif. Bagian dari aspek seorang individu yang berkenaan dengan emosi, bagaimana dia

























                                                                                                                                                                                bisa merasakan apa yang terjadi, dan terkait makna serta perasaan yang dirasakan.

























                                                                                                                                            • Computerized Based Test (CBT). Suatu bentuk pengujian, penilaian atau evaluasi sistematis

























                                                                                                                                                                                dan teratur untuk mendapatkan informasi tertentu dengan menggunakan komputer sebagai
























                                                                                                                                                                                media pelaksanannya.

























                                                                                                                                            • E-Learning. Sistem pembelajaran yang menggunakan bantuan teknologi dan internet yang

























                                                                                                                                                                                menyediakan fitur-fitur yang bisa digunakan dalam melaksanakan proses pembelajaran.

























                                                                                                                                            • Kognitif. Bagian dari aspek manusia yang berhubungan dengan melibatkan fungsi kognisi
























                                                                                                                                                                                atau berdasar pada pengetahuan yang faktual dan empiris.

























                                                                                                                                            • Kolaborasi.  Suatu  kegiatan  berupa  kerjasama  yang  dilakukan  antar  individu  atau  oleh

























                                                                                                                                                                                organisasi untuk mendapatkan kekuatan yang lebih dalam mencapai tujuan. Aspek ini juga
























                                                                                                                                                                                seringkali digunakan untuk menyelesaikan permasalahan secara bersama.

























                                                                                                                                            • Media Teknologi. Sebuah istilah yang mengacu kepada penggunaan suatu alat atau strategi

























                                                                                                                                                                                dengan menerapkan prinsip-prinsip teknologi dalam pembelajaran.

























                                                                                                                                            • Pembelajaran.  Suatu  proses,  cara  atau  mekanisme  yang  dilakukan  untuk  mempelajari,

























                                                                                                                                                                                memahami, mengembangkan, dan mengaplikasi suatu pengetahuan atau informasi menjadi
























                                                                                                                                                                                hal yang bermanfaat bagi kehidupan.


























































                                                                 98                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Pendidikan Untuk Generasi Z
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114