Page 109 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 109
Penggunaan Kahoot dalam pembelajaran memungkinkan munculnya interaksi yang
siginifikan antara mesin dan subjek. Hal itu akan berdampak terhadap kesiapan dan optimalisasi
yang terjadi bagi para penggunannya. Ketika seseorang mampu mempersiapkan secara matang
berbagai faktor yang mendukung Kahoot, maka hasilnya akan menyenangkan. Namun berbeda
ketika yang terjadi adalah inkonsistensi dan ketidakstabilan diri dari penggunanya, maka
pembelajaran itu mungkin tidak akan berjalan optimal. Hasil studi yang dilakukan tersebut
ternyata menyimpulkan bahwa penggunaan Kahoot merupakan manifestasi dari interaksi antara
manusia dan mesin. Mesin dalam hal ini adalah penggunaan teknologi pendidikan bisa berdampak
sangat positif terhadap kemajuan individu ketika dimanfaatkan dengan benar dan seksama.
5. Kata Kunci
• Afektif. Bagian dari aspek seorang individu yang berkenaan dengan emosi, bagaimana dia
bisa merasakan apa yang terjadi, dan terkait makna serta perasaan yang dirasakan.
• Computerized Based Test (CBT). Suatu bentuk pengujian, penilaian atau evaluasi sistematis
dan teratur untuk mendapatkan informasi tertentu dengan menggunakan komputer sebagai
media pelaksanannya.
• E-Learning. Sistem pembelajaran yang menggunakan bantuan teknologi dan internet yang
menyediakan fitur-fitur yang bisa digunakan dalam melaksanakan proses pembelajaran.
• Kognitif. Bagian dari aspek manusia yang berhubungan dengan melibatkan fungsi kognisi
atau berdasar pada pengetahuan yang faktual dan empiris.
• Kolaborasi. Suatu kegiatan berupa kerjasama yang dilakukan antar individu atau oleh
organisasi untuk mendapatkan kekuatan yang lebih dalam mencapai tujuan. Aspek ini juga
seringkali digunakan untuk menyelesaikan permasalahan secara bersama.
• Media Teknologi. Sebuah istilah yang mengacu kepada penggunaan suatu alat atau strategi
dengan menerapkan prinsip-prinsip teknologi dalam pembelajaran.
• Pembelajaran. Suatu proses, cara atau mekanisme yang dilakukan untuk mempelajari,
memahami, mengembangkan, dan mengaplikasi suatu pengetahuan atau informasi menjadi
hal yang bermanfaat bagi kehidupan.
98 Pendidikan Untuk Generasi Z