Page 107 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 107

mahasiswa  dan  prestasi  belajar  mereka  di  kelas.  Studi  tersebut  dilakukan  terhadap
























                                                                                                                                     sekelompok mahasiswa yang mengikuti mata kuliah metodologi penelitian dan diberikan

























                                                                                                                                     Kahoot  dalam  proses  evaluasi.  Dalam  prakteknya,  dosen  menyiapkan  seperangkat

























                                                                                                                                     pertanyaan dan jawaban pilihan ganda yang sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga
























                                                                                                                                     harapannya  ketika  materi  itu  akan  dievaluasi,  mahasiswa  bisa  mengerjakannya  dengan

























                                                                                                                                     optimal. Bahan pertanyaan dan jawaban yang sudah ada kemudian disajikan dalam bentuk
























                                                                                                                                     Kahoot dengan waktu dan lokasi pengerjaan yang sudah distandarisasikan. Kemudian hasil

























                                                                                                                                     pengisian akan dilihat pada laporan Kahoot yang bisa diakses pada akun yang dimiliki oleh
























                                                                                                                                     dosen tersebut. Untuk lebih jelasnya, alur kegiatan tersebut bisa dilihat pada gambar.


















































































                                                                                                                                                                                                               Mempersiapkan                                                                                                                                                                                                       Memindahkannya                                                                                                                                                                                                            Mengkordinasikan










                                                                                                                                                                                                                       Persoalan dan                                                                                                                                                                                                      ke Kahoot (Time








                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       Mahasiswa




                                                                                                                                                                                                                                           Jawaban                                                                                                                                                                                                  dan kegiatan)









































































                                                                                                                                                                                                                        Feedback dan                                                                                                                                                                                                 Evaluasi Hasil dan                                                                                                                                                                                                                          Instruksi dan















                                                                                                                                                                                                                  Pengembangan                                                                                                                                                                                                                                          Laporan                                                                                                                                                                              Proses Pengerjaan











































































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Gambar 24. Alur Pengerjaan Kahoot
















































                                                                                                                                                   Studi yang dilakukan Warsihna dkk. (2019) tersebut, tentunya dilakukan secara bertahap.
























                                                                                                         Ada dua tahapan pengerjaan yang dilalui yaitu pretest dan post-test. Kedua kegiatan tersebut

























                                                                                                         menggunakan  materi  yang  sama  namun  bentuk  persoalannya  dibuat  pararel  sehingga
























                                                                                                         memungkinkan  siswa  untuk  tetap  mengikuti  kuis.  Hasil  studi  tersebut  menunjukan  bahwa

























                                                                                                         penggunaan Kahoot sebagai media evaluasi di kelas mampu meningkatkan kemampuan berpikir

























                                                                                                         kritis mahasiswa dan prestasi belajar yang mereka hasilkan. Hal itu dilihat dari keaktifan mereka
























                                                                                                         dalam mengerjakan dan pencapaian skor yang diperoleh menjadi lebih baik. Dengan demikian,


















































                                                               96                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Pendidikan Untuk Generasi Z
   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112