Page 108 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 108

studi tersebut memberikan contoh tentang efektivitas penggunaan Kahoot dalam meningkatkan
























                                                                                                                                                    hasil pembelajaran.

























                                                                                                                                                                                              Studi lainnya juga pernah dilakukan oleh Warsihna dan Ramdani (2020) mengenai peran

























                                                                                                                                                    dan urgensi Kahoot dalam proses pembelajaran. Sama seperti contoh studi yang dideskripsikan
























                                                                                                                                                    sebelumnya, pada studi ini peneliti mencoba melakukan eksplorasi secara mendalam tentang

























                                                                                                                                                    sejauhmana siswa mempersepsi Kahoot sebagai media pembelajaran mereka. Peneliti tersebut
























                                                                                                                                                    menggunakan  berbagai  pertanyaan  terbuka  dan  angket  terbatas  yang  digunakan  untuk

























                                                                                                                                                    membuktikan sejauhmana Kahoot digunakan oleh siswa. Hasil dari studi tersebut menunjukkan
























                                                                                                                                                    bahwa penggunaan Kahoot dianggap sangat penting oleh mahasiswa karena memberikan kesan

























                                                                                                                                                    dan kegiatan yang berbeda dibandingkan evaluasi konvensional. Selain itu, mayoritas siswa

























                                                                                                                                                    menyampaikan bahwa Kahoot ini adalah media yang sangat menarik. Fakta lain yang ditemukan
























                                                                                                                                                    dalam studi itu menunjukkan bahwa pelaksanaan Kahoot ternyata menghasilkan dua situasi

























                                                                                                                                                    emosi yang berlainan. Sebagian merasakan bahwa ketika Kahoot itu dimainkan, mereka merasa

























                                                                                                                                                    fokus, bersemangat dan termotivasi tetapi sebagian lainnya ada yang merasakan gemetaran,
























                                                                                                                                                    tegang, terburu-buru dan tidak tenang. Emosi-emosi tersebut bisa muncul ketika Kahoot itu

























                                                                                                                                                    diberikan.

















































































































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        Fokus, seru,                                                                                                                                                                                 Gemeteran, tegang,
















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   menyenangkan,                                                                                                                                                                                                                                        tidak karuan,
















                                                                                                                                                                                                                                                                                                               asyik, bersemangat,  terburu­buru, tidak















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        termotivasi,                                                                                                                                                                                 tenang, panik, tidak
















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        menarik dan tidak                                                                                                                                                                                                               jernih pikiran, ribet





















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         membosankan                                                                                                                                                                                                                                    dan khawatir





































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               Gambar 25. Macam Emosi ketika Menggunakan Kahoot




















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              (Warsihna & Ramdani, 2020)
























































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    97
   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113