Page 101 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 101

bagaimana faktor psikologis itu sangat terkait dalam menggunakan teknologi pendidikan. Dalam
























                                                                                                                               penelitiannya,  pelaksanaan  Ujian  Nasional  Berbasis  Komputer  (Computerized  Based  Test)

























                                                                                                                               dianggap sebagai salah satu implementasi dari kemajuan teknologi saat ini. Pelaksanaan Ujian

























                                                                                                                               Nasional yang sebelumnya dilakukan secara manual melalui lembaran kertas persoalan dan
























                                                                                                                               jawaban, kini diubah menjadi berbasis komputer dimana semua persoalan dibuat dalam fitur

























                                                                                                                               komputer. Hal ini jelas merupakan situasi yang diharuskan terlebih mengikuti tuntutan di abad
























                                                                                                                               ke-21 ini.

























                                                                                                                                                                                        Studi yang dilakukan oleh Abduh dkk. (2019) tersebut mengidentifikasi variabel psikologi
























                                                                                                                               siswa dalam pencapaian ujian nasional pada materi pelajaran matematika. Dengan menggunakan

























                                                                                                                               data peserta ujian nasional pada tahun 2018, para peneliti mencoba melihat keterkaitan antara

























                                                                                                                               self-disclosure  dengan  pencapaian  skor  matematika  peserta.  Dalam  psikologi  sendiri,  self-
























                                                                                                                               disclosure  mengacu  kepada  kemampuan  seseorang  untuk  terbuka  dan  mau  berkomunikasi

























                                                                                                                               secara baik dengan berbagai pihak yang ada di lingkungan mereka berkaitan dengan kondisi yang

























                                                                                                                               dialaminya (Hill & Knox, 2001). Penelitian menunjukkan bahwa ternyata terdapat hubungan yang
























                                                                                                                               positif  antara  self-disclosure  siswa  terhadap  orang  tua  mereka  dengan  pencapaian  skor

























                                                                                                                               matematika pada ujian nasional berbasis komputer. Fakta menunjukkan bahwa siswa yang lebih

























                                                                                                                               terbuka kepada orang tua mereka terkait kondisinya mampu memperoleh hasil yang lebih baik
























                                                                                                                               dibanding mereka yang tertutup. Hal inilah yang kemudian menginterpretasikan bahwa untuk

























                                                                                                                               mencapai  optimalisasi  dalam  menggunakan  ujian  berbasis  komputer  tersebut,  para  siswa
























                                                                                                                               terlebih dahulu harus berada pada kondisi yang baik dan mendapatkan dukungan dari orang-

























                                                                                                                               orang terdekatnya.

























                                                                                                  4. Macam Media dan Aktivitas Teknologi Pendidikan untuk Generasi  Z

























                                                                                                                               a. E-Learning “Portal Rumah Belajar”
























                                                                                                                                                                                                                           Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memberikan kebebasan

























                                                                                                                                                                  kepada kita untuk bisa melaksanakan pembelajaran secara fleksibel, dimana situasi tersebut

























                                                                                                                                                                  tidak menuntut kita untuk hadir secara fisik melainkan bisa melaksanakan pembelajaran di
























                                                                                                                                                                  tempat manapun sesuai yang diinginkan. Penjelasan tersebut bisa dibilang mengacu pada




























































                                                                 90                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Pendidikan Untuk Generasi Z
   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106