Page 99 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 99
pembelajaran itu tidak bisa dilakukan secara langsung dan tatap muka maka harapannya adalah
menggunakan media dan teknologi yang ada.
3. Faktor-Faktor Psikologis dalam Penggunaan Teknologi Pendidikan
Keberhasilan pemanfaatan teknologi pendidikan tidak terlepas dari berbagai persiapan
dan keterpakaian yang optimal dari fitur-fitur yang ada. Namun demikian, kita harus juga
mempertimbangkan berbagai faktor psikologis yang muncul ketika media teknologi itu
digunakan. Secara teoretis media teknologi dan manusia akan menghasilkan interaksi yang
bersifat 1 arah, artinya bagaimanapun kondisi yang dimiliki oleh manusia tidak akan
mempengaruhi kondisi mesin, malah yang akan menentukan adalah kondisi manusia itu sendiri.
Sebagai mahluk hidup, kita akan memberikan respon yang berbeda tergantung pada stimulus
yang didapat dan bagaimana kondisi psikologis individu itu sendiri. Ketika keberadaan media
teknologi itu dianggap positif, maka akan menghasilkan respon baik, begitupun sebaliknya.
Sehingga dalam proses pembuatannya, media teknologi seringkali disesuaikan dengan atribut
yang dimiliki oleh manusia.
Kenapa Penting Memperhatikan Aspek Psikologi dalam Penggunaan Media Teknologi?
Sebagaimana fungsi teknologi diciptakan dalam membantu individu untuk melakukan
aktivitas sehari-harinya, itu pula yang membuat munculnya media dan teknologi sebagai alat
bantu adaptif yang harus dipertimbangkan dengan sangat matang pada proses pembuatannya.
Manusia sendiri sebagai suatu mahluk yang aktif dan dinamis, tentunya mempunyai berbagai
atribut fisik dan psikologis yang membuat mereka bisa bertahan dan menyesuaikan dengan
perkembangan zaman yang terjadi. Lalu pada bagian apa sajakah atribut pada manusia itu harus
benar-benar diperhatikan supaya sejalan dengan diciptakannya media dan teknologi.
Ada tiga aspek paling tidak yang menjadi pertimbangan untuk mendapatkan hasil yang
optimal dari penggunaan teknologi pendidikan tersebut yaitu meliputi aspek kognitif, afektif dan
psikomotorik. Aspek kognitif meliputi atribut pengetahuan yang berfungsi dalam menerima dan
merespon teknologi yang ada. Aspek afektif berisi situasi emosi dan jiwa yang mengarahkan
individu untuk menikmati apa yang ada. Sedangkan aspek psikomotorik dimanifestasikan dalam
88 Pendidikan Untuk Generasi Z