Page 100 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 100

bentuk perilaku dan kegiatan yang diikuti oleh manusia. Ketiga aspek itu menjadi tolak ukur yang
























                                                                                                                                                    penting dalam menjalankan proses pembelajaran.


























































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Kognitif

































































































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Afektif                                                                                                                                                            Psikomotorik





































































                                                                                                                                                                                                                                                                            Gambar 20. Atribut Manusia dalam Penggunaan Teknologi Pendidikan















































                                                                                                                                                                                                            Media dan teknologi yang dirancang oleh manusia dalam pembelajaran didesain agar

























                                                                                                                                                    mampu mewadahi aktivitas yang berkaitan dengan pembelajaran. Pada ranah kognitif, media
























                                                                                                                                                    dan  teknologi  yang  baik mampu  memberikan pelatihan, memberikan  stimulasi  dan  menjadi

























                                                                                                                                                    perantara  untuk  individu  memperoleh  pengetahuan.  Lalu,  media  dan  teknologi  yang  baik

























                                                                                                                                                    tentunya  bisa  mengaktivasi  emosi  positif  peserta  didik  sehingga  mereka  antusias  untuk
























                                                                                                                                                    mempelajari ilmu pengetahuan. Dalam ranah tersebut, interaksi antara manusia dan mesin

























                                                                                                                                                    harus benar-benar mempertimbangan tidak hanya kondisi biologis peserta didik tetapi juga
























                                                                                                                                                    situasi psikologis mereka. Selain itu, pada aspek psikomotorik penggunaan media teknologi yang

























                                                                                                                                                    baik mampu menghasilkan individu yang aktif sehingga menumbuhkan perilaku aktif mereka

























                                                                                                                                                    untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Jadi pada dasarnya penggunaan media dan teknologi
























                                                                                                                                                    pendidikan yang baik selalu melibatkan ketiga unsur tersebut sehingga harapannya ketika suatu

























                                                                                                                                                    aspek bisa dipenuhi maka akan berdampak pada aspek yang lainnya untuk bekerja dengan baik.



















































                                                                                                                       Studi Terkait Aspek Psikologis dengan Penggunaan Media Teknologi

























                                                                                                                                                                                                      Penggunaan  media  teknologi  saat  ini  sudah  digunakan  dalam  berbagai  desain
























                                                                                                                                             pembelajaran.  Sebagai  contoh,  studi  yang  dilakukan  oleh  Abduh  dkk.  (2019),  menjelaskan





















































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    89
   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105