Page 100 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 100
bentuk perilaku dan kegiatan yang diikuti oleh manusia. Ketiga aspek itu menjadi tolak ukur yang
penting dalam menjalankan proses pembelajaran.
Kognitif
Afektif Psikomotorik
Gambar 20. Atribut Manusia dalam Penggunaan Teknologi Pendidikan
Media dan teknologi yang dirancang oleh manusia dalam pembelajaran didesain agar
mampu mewadahi aktivitas yang berkaitan dengan pembelajaran. Pada ranah kognitif, media
dan teknologi yang baik mampu memberikan pelatihan, memberikan stimulasi dan menjadi
perantara untuk individu memperoleh pengetahuan. Lalu, media dan teknologi yang baik
tentunya bisa mengaktivasi emosi positif peserta didik sehingga mereka antusias untuk
mempelajari ilmu pengetahuan. Dalam ranah tersebut, interaksi antara manusia dan mesin
harus benar-benar mempertimbangan tidak hanya kondisi biologis peserta didik tetapi juga
situasi psikologis mereka. Selain itu, pada aspek psikomotorik penggunaan media teknologi yang
baik mampu menghasilkan individu yang aktif sehingga menumbuhkan perilaku aktif mereka
untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Jadi pada dasarnya penggunaan media dan teknologi
pendidikan yang baik selalu melibatkan ketiga unsur tersebut sehingga harapannya ketika suatu
aspek bisa dipenuhi maka akan berdampak pada aspek yang lainnya untuk bekerja dengan baik.
Studi Terkait Aspek Psikologis dengan Penggunaan Media Teknologi
Penggunaan media teknologi saat ini sudah digunakan dalam berbagai desain
pembelajaran. Sebagai contoh, studi yang dilakukan oleh Abduh dkk. (2019), menjelaskan
Pendidikan Untuk Generasi Z 89