Page 98 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 98
menjadi hal yang lebih nyata yang ada di sekitar kita. Sehingga harapannya keberadaan media
teknologi ini mampu meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang ada.
Kemunculan media teknologi dalam proses pembelajaran paling tidak akan menyebabkan
terjadinya pergeseran peran dari guru dan peserta didik itu sendiri. Berbeda dengan pandangan
klasik yang menutut belajar untuk bisa tetap muka dan menggunakan langsung materi dan media
yang ada di kelas, media teknologi merubah sistem tersebut menjadi lebih dinamis. Peran
seorang guru yang tadinya adalah menyampaikan materi dan pengetahuan, sumber segala
informasi, ahli materi dan sumber jawaban berubah menjadi fasilitator pembelajaran, pelatih,
partner siswa dalam berkolaborasi, serta sebagai navigator pembelajaran. Selain itu peran
guru dengan munculnya media teknologi ini berubah yang tadinya mampu mengendalikan dan
mengarahkan semua kegiatan pembelajaran menjadi lebih aktif dalam memberikan alternatif
dan tanggungjawab kepada siswa untuk melaksanakan pembelajaran. Sementara itu, peran
peserta didik pun ikut mengalami pergeseran, dimana awalnya mereka adalah penerima
informasi semata yang pasif kemudian menjadi partisipan aktif dalam menggali informasi dan
mampu mengungkapkan informasi tersebut menjadi pengetahuan yang berarti. Peserta didik
juga menjadi seorang yang lebih aktif untuk mampu berkolaborasi dengan siswa lainnya
dibanding bersifat soliter (individualistik).
Untuk mewujudkan proses pembelajaran dengan melibatkan teknologi pendidikan yang
optimal, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanannya. Pertama, konsep
media dan teknologi pendidikan selalu mengacu pada prinsip yang murah dan fleksibel. Kedua,
konsep pembelajaran mampu diadaptasi dengan baik oleh media yang ada. Hal inilah yang
menuntut fitur-fitur yang ada dalam media dan teknologi saat ini untuk bisa adaptif dan bisa
digunakan oleh siapa saja. Ketiga, keberadaan teknologi pendidikan saat ini diharapkan dapat
menciptakan resource sharing yaitu adanya transfer ilmu pengetahuan oleh siapa saja dan
semua orang dapat menerima manfaat dari itu. Terakhir, adanya media dan teknologi pendidikan
itu bisa dijadikan sebagai sistem pendukung dalam proses pembelajaran, terutama ketika
Pendidikan Untuk Generasi Z 87