Page 98 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 98

menjadi hal yang lebih nyata yang ada di sekitar kita. Sehingga harapannya keberadaan media
























                                                                                                                                                    teknologi ini mampu meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang ada.

























                                                                                                                                                                                                            Kemunculan media teknologi dalam proses pembelajaran paling tidak akan menyebabkan

























                                                                                                                                                    terjadinya pergeseran peran dari guru dan peserta didik itu sendiri. Berbeda dengan pandangan
























                                                                                                                                                    klasik yang menutut belajar untuk bisa tetap muka dan menggunakan langsung materi dan media

























                                                                                                                                                    yang ada di kelas, media teknologi merubah sistem tersebut menjadi lebih dinamis. Peran
























                                                                                                                                                    seorang guru yang tadinya adalah menyampaikan materi dan pengetahuan, sumber segala

























                                                                                                                                                    informasi, ahli materi dan sumber jawaban berubah menjadi fasilitator pembelajaran, pelatih,
























                                                                                                                                                    partner siswa dalam berkolaborasi, serta sebagai navigator pembelajaran. Selain itu peran

























                                                                                                                                                    guru dengan munculnya media teknologi ini berubah yang tadinya mampu mengendalikan dan

























                                                                                                                                                    mengarahkan semua kegiatan pembelajaran menjadi lebih aktif dalam memberikan alternatif
























                                                                                                                                                    dan tanggungjawab kepada siswa untuk melaksanakan pembelajaran. Sementara itu, peran

























                                                                                                                                                    peserta  didik  pun  ikut  mengalami  pergeseran,  dimana  awalnya  mereka  adalah  penerima

























                                                                                                                                                    informasi semata yang pasif kemudian menjadi partisipan aktif dalam menggali informasi dan
























                                                                                                                                                    mampu mengungkapkan informasi tersebut menjadi pengetahuan yang berarti. Peserta didik

























                                                                                                                                                    juga  menjadi  seorang  yang  lebih  aktif  untuk  mampu  berkolaborasi  dengan  siswa  lainnya

























                                                                                                                                                    dibanding bersifat soliter (individualistik).
























                                                                                                                                                                                                            Untuk mewujudkan proses pembelajaran dengan melibatkan teknologi pendidikan yang

























                                                                                                                                                    optimal, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanannya. Pertama, konsep
























                                                                                                                                                    media dan teknologi pendidikan selalu mengacu pada prinsip yang murah dan fleksibel. Kedua,

























                                                                                                                                                    konsep  pembelajaran mampu diadaptasi  dengan  baik  oleh media  yang  ada.  Hal  inilah  yang
























                                                                                                                                                    menuntut fitur-fitur yang ada dalam media dan teknologi saat ini untuk bisa adaptif dan bisa

























                                                                                                                                                    digunakan oleh siapa saja. Ketiga, keberadaan teknologi pendidikan saat ini diharapkan dapat

























                                                                                                                                                    menciptakan resource sharing yaitu adanya transfer ilmu pengetahuan oleh siapa saja dan
























                                                                                                                                                    semua orang dapat menerima manfaat dari itu. Terakhir, adanya media dan teknologi pendidikan

























                                                                                                                                                    itu  bisa  dijadikan  sebagai  sistem  pendukung  dalam  proses  pembelajaran,  terutama  ketika




























































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    87
   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103