Page 62 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 62
lmplementasi Good Governance dan TQ1'v1 di Universitas Terbuka
dapat mengarahkan peningkatan kualitas bahan ajar secara langsung
melalui penelitian mandiri yang hasilnya diterapkan dalam
pengembangan dan/atau revisi bahan ajar UT. Hasil penelitian bahan
ajar direkomendasikan untuk merevisi materi bahan ajar UT. Substansi
penelitian harus merujuk kepada bahan ajar yang akan direvisi
berdasarkan data dari Fakultas di UT. Hasil penelitian menjadi
masukan konkret bagi revisi dan pengembangan bahan ajar. Penelitian
bahan ajar dapat melibatkan para pakar/penulis bahan ajar terkait
sebagai anggota Tim peneliti. Proses seleksi proposal dilakukan oleh
fakultas terkait. Adapun proses pelaksanaan, pembiayaan, pelaporan
hasil, dan seminar, selanjutnya dikoordinasikan oleh LPPM.
Untuk mengelola kegiatan penelitian, UT telah mengembangkan organisasi
pengelolaan penelitian yang jelas, termasuk pembagian tanggung jawab,
dan pengelolaan kualitas penelitian secara keseluruhan. Selain itu UT juga
memastikan bahwa personel yang terlibat dalam pengelolaan penelitian
berjumlah cukup dan memiliki kompetensi yang memadai. Hal tersebut
dijamin dalam struktur organisasi formal beserta dengan tugas pokok dan
fungsi (tupoksi) yang sesuai.
Penelitian merupakan salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi
yang wajib dilakukan oleh semua dosen UT. Namun demikian dosen UT
harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang memadai untuk dapat
berkompetisi secara sehat dan adil dalam rangka mendapatkan dana
penelitian. Kompetisi dan seleksi selalu dilakukan untuk semua jenis dan
bidang penelitian yang ditawarkan UT dengan maksud untuk mencapai
kualitas penelitian yang setinggi mungkin. Untuk mencapai hal itu maka
dikembangkan standar kompetensi/ kualifikasi awal peneliti untuk setiap
jenis dan bidang penelitian, dan terdapatnya aturan tentang jumlah
penelitian yang dapat dilakukan oleh dosen. Sedangkan untuk dapat
melakukan seleksi secara kompetitif dan adil , telah dikembangkan aturan
tentang pelaksanaan seleksi dan kompetisi penelitian.
Untuk meningkatkan kualitas penelitian dan kualifikasi dosen, UT selalu
berusaha meningkaatkan kemampuan peneliti dalam bidang penelitian dan
publikasi ilmiah melalui berbagai pelatihan. Pelatihan tersebut
dikembangkan secara terkoordinasi dengan PPSDM UT dengan
mendayagunakan tenaga ahl i dari UT maupun dari institusi lain secara
53