Page 61 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 61
fmplementasi Coad Governance dan TQM di Universitas Terbuka
melaksanakan pengembangan dan penyebaran ilmu melalui program
studi atau fakultas masing-masing.
• Bidang Penelitian Kelembagaan
Pengambilan keputusan dan kebijakan akan lebih efektif apabila
didukung dengan informasi dan data yang akurat. Penelitian
kelembagaan dan PTJJ ditujukan untuk menyediakan data dan
informasi bagi pengambil kebijakan. Dengan demikian, topik
penelitian untuk bidang ini adalah topik yang berkaitan dengan isu-isu
kritis penyelenggaraan UT. lsu-isu penelitian kelembagaan dapat
berubah dari tahun ke tahun.
Pada 2010, fokus penelitian kelembagaan dan PTJJ pada masalah-
masalah yang berkenaan dengan ujian. Berbagai aspek mengenai ujian
disarankan untuk dapat diteliti dengan cermat dan disesuaikan dengan
kebutuhan peningkatan dan pengembangan sistem pengujian UT di
masa mendatang. Proposal Penelitian Kelembagaan dan PTJJ harus
mengacu kepada rambu-rambu yang berisi tentang ruang lingkup
permasalahan yang harus dijawab dengan kegiatan penelitian.
Permasalahan, tujuan, keluaran, dan ruang lingkup penelitian harus
diuraikan lebih rinci dalam proposal penelitian, sesuai dengan desain
dan metodologi penelitian yang akan dikembangkan.
• Bidang Penelitian Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) mengalami perkembangan
pesat dari generasi ke generasi. Di UT misalnya, sekitar 25 tahun yang
lalu, ketika UT memiliki generasi pertama, komunikasi masih melalui
korespondensi, saat ini sudah memasuki generasi kelima, UT berhasil
mengaplikasikan teknologi komunikasi internet untuk pembelajaran.
Perkembangan tersebut perlu terus menerus dikaji dan dipelajari untuk
memberi kontribusi yang valid terhadap body of knowledge ilmu
pendidikan, khususnya dalam kawasan PTJJ.
• Bidang Penel itian Bahan Ajar
Bidang penelitian bahan ajar dimaksudkan untuk memperkaya dan/atau
mendukung secara substantif revisi bahan ajar cetak UT. Oleh karena
itu, pemilihan materi penelitian harus disesuaikan dengan rencana
revisi bahan ajar sesuai dengan prioritas revisi bahan ajar. Dosen di UT
52