Page 375 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 375

Cakm1111ia  Pellilldi!.:tm  2



          murah  untuk  penyelenggaraan  distance  learning.  Untuk  dapat
          melakukan  audioconferencing  yang  melibatkan  peserta  yang
          banyak  pada  lokasi  yang  tersebar  dan  berbeda  dibutuhkan
          perangkat  tambahan  (audiconferencing  bridge)  yang  dapat
          mereduksi  gangguan  (noise)  maupun  interferensi  pada  sistem.
          Jika  audioconterencing  dilakukan   untuk   beberapa  group
          conferencing  (satu  lokasi  terdin  dari  beberapa  orang)  maka
          umumnya pada satu  group tersebut digunakan perangkat telepon
          yang  memiliki microphone dan  speakerphone khusus  untuk dapat
          menghasilkan kualitas audio yang baik bagi keseluruhan peserta.
                 Kelebihan   teknologi   audioconterencing   ada   pada
          kesederhanaannya  karena  peserta  cukup  menggunakan  terminal
          telepon biasa yang tersedia secara luas saat in1  di  pasar, memiliki
          reliabilitas  yang  baik,  efisien  dari  sisi  biaya,  dan  mampu
          menawarkan  interaksi  secara  langsung  (synchronous)  antar
          peserta.
                 Penyelenggaraan    e-leaming  dengan    menggunakan
          audioconferencing memiliki  beberapa  kelemahan.  Salah  satunya
          adalah  tidak  adanya  visualisasi  yang  dapat  diamati  peserta  e-
          leaming.  Kondisi  ini  dapat  menimbulkan  resistensi  dari  peserta
          dan  pengajar  yang  sudah  terbiasa  dalam  proses  kelas
          konvensional.  Disamping  itu  audioconterencing  hanya  dapat
          dilakukan  untuk  interaksi  yang  sudah  terjadwal  dengan baik  (real
          time)  dan  seluruh  peserta  harus  bergabung  dalam  sesi  terjadwal
          terse but.
                 Penggabungan  audioconterencing  dengan  model  modul
          tercetak  (printed) atau teknologi  Computer Based (CD-ROM) atau
          materi video  (recorded)  akan dapat melengkapi dan  menciptakan
          sistem  e-leaming  yang  baik  bagi  seluruh  peserta.  Dengan  solusi
          tersebut,  materi  atau  bahan  ajar  dapat  dibagikan  kepada  siswa
          dalam  bentuk  modul  cetak,  CD-ROM,  atau  kaset  video  untuk
          dipelajari  secara  mandiri.  Bentuk  materi  juga  tentunya  sudah



                                                                  357
   370   371   372   373   374   375   376   377   378   379   380