Page 376 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 376
Simw1wra, E-leamill!; · Kon.wp dan ...
dirancang sedemikian rupa untuk dapat mengakomodasi proses
e-learning yang baik secara keseluruhan. Untuk proses
pendalaman materi, diskusi langsung dengan pengajarnya (guru,
dosen, pakar) diwujudkan melaui audioconterencing berdasarkan
topik-topik yang sudah dirancang sebelumnya.
Teknologi audioconterencing dengan terminal telepon
yang sederhana awalnya kita kenai dengan Three Parties, yang
memungkinkan tiga sambungan telepon saling berkomunikasi.
Teknologi ini kemudian berkembang dan saat ini terdapat
perangkat (Audioconterencing Bridge) yang mampu meng-
akomodir mulai 30 satuan sambungan telepon hingga ratusan
sambungan telepon.
2. Videobroadcasting
Teknologi videobroadcasting yang dimaksud disini adalah
yang bersifat satu arah dan sangat baik untuk target peserta yang
besar (masal) dan menyebar (dispersed) serta umumnya
menggunakan media satelit sebagai media transmisinya. Peserta
videobroadcasting mengikuti program tersebut melalui media
televisi yang terhubung kepada stasiun (broadcaster) tertentu
melalui antena penerima biasa atau antena parabola yang
dilengkapi oleh decoder khusus. Saat ini diperkirakan 70% dari
program videobroadcasting di dunia merupakan program e-
leaming.
Program broadcasting dapat bersifat pasif, materi kelas
yang disampaikan merupakan hasil rekaman (pre-recorded
video), a tau bersifat aktif, seorang pakar secara langsung
menyampaikan materi kelasnya dan dapat melibatkan interaksi
para peserta lainnya melalui penggunaan media teknologi lain
seperti telepon.
358