Page 370 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 370

Cakrmmla        2



         1.  Peningkatan  produktivitas.  Melalui  e-leaming  waktu  untuk
             perjalanan  dapat  direduksi  sehingga  produktivitas  seseorang
             dosen/instruktur tidak  akan hilang  karena  kegiatan  perjalanan
             yang  harus  ia  lakukan  untuk memberikan  proses  pendidikan/
             pelatihan.  Hal  ini  sangat  berarti  bagi  personil  kunci  (key
             personnel)  yang  memiliki  peran  yang  besar  dalam  institusi-
             nya.  Hal  yang  sama juga terjadi  bagi  peserta  PJJ  ini.  Apabila
             mereka  merupakan  karyawan/pekerja  maka  mereka  tidak
             perlu lagi harus datang secara fisik ke kampus, proses belaJar
             dapat tetap dilaksanakan tanpa meninggalkan  pekerjaan atau
             kegiatan lainnya.
         2.  Menciptakan  nilai  (value)  pada  organisasi.  ldentik  dengan
             aset  suatu  perusahaan,  kompetensi  sumber  daya  manusia
             (SDM)  juga  dapat  mengalami  depresiasi  yang  pada  akhirnya
             tidak  mampu  lagi  memberi  nilai  pada  organisasinya.
             Pembaharuan  kompetensi  harus  dilakukan  secara  berkesi-
             nambungan  dan  melalui  e-Jearning kompetensi tersebut  akan
             dapat terus diselaraskan dengan tujuan  institusi secara efektif
             untuk  menghasilkan  kreatifitas  dan  inovasi  sumber  daya
             manusia dan akhirnya memberi nilai (value) pada organisasi.
         3.  Efisiensi.  Proses  pembangunan  kompetensi  dapat  dilakukan
             dalam  waktu  yang  relatif  lebih  singkat  dan  mencakup jumlah
             yang lebih besar.
         4.  Fleksibel  dan  interaktif.  Kegiatan  e-Jeaming  dapat  dilakukan
             dari  lokasi  mana  saja  selama  ia memiliki  akses  dan  koneksi
             dengan  sumber  pengetahuan  tersebut  dan  interaktifitas
             dimungkinkan secara langsung atau tidak langsung dan dapat
             menampilkan bentuk visualisasi lengkap (multimedia) ataupun
             tidak.








                                                                  353
   365   366   367   368   369   370   371   372   373   374   375