Page 368 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 368
Cakrmmla Pendulikan :?
komputer sebagai terminal akses ke proses belaJar (CBT-
Computer Based Training, CD-ROM learning).
'llC!udt lexl~boscd !eartr1r1g aod t)JUiSL: t:vn•j·j._'h:J
'~/ict nHite'J CCfit?Sp·_)."Je;-,cb
Sumber: http://www. wrhambracht.com
Gambar 1. Tcrminologi Learning
Banyak pakar pendidikan memberikan definisi mengenai
e-/earning, seperti yang dipaparkan oleh Thompson, Ganxglass,
dan Simon (2000) bahwa e-learning merupakan suatu pengala-
man belajar yang disampaikan melalui teknologi elektronika.
Thompson et al. juga menyebutkan kelebihan e-/earning yang
dapat memberikan fleksibilitas, interaktifitas, kecepatan, dan
visualisasi melalui berbagai kelebihan dari masing-masing
teknologi.
Secara utuh, e-learning dapat didefinisikan sebagai upaya
menghubungkan pembelajar (murid) dengan sumber belajarnya
(database, pakar/guru, perpustakaan) yang secara fisik terpisah
atau bahkan berjauhan namun dapat saling berkomunikasi,
berinteraksi atau berkolaborasi secara langsung (synchronous)
maupun tidak langsung (asynchronous).
351