Page 368 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 368

Cakrmmla Pendulikan  :?


         komputer  sebagai  terminal  akses  ke  proses  belaJar  (CBT-
         Computer Based Training,  CD-ROM learning).


                                   'llC!udt lexl~boscd !eartr1r1g aod t)JUiSL: t:vn•j·j._'h:J
                                   '~/ict nHite'J CCfit?Sp·_)."Je;-,cb
















         Sumber: http://www. wrhambracht.com

                         Gambar  1.  Tcrminologi Learning


                Banyak  pakar  pendidikan  memberikan  definisi  mengenai
         e-/earning,  seperti  yang  dipaparkan  oleh  Thompson,  Ganxglass,
         dan  Simon  (2000)  bahwa  e-learning  merupakan  suatu  pengala-
         man    belajar  yang  disampaikan  melalui  teknologi  elektronika.
         Thompson  et  al.  juga  menyebutkan  kelebihan  e-/earning  yang
         dapat  memberikan  fleksibilitas,  interaktifitas,  kecepatan,  dan
         visualisasi  melalui  berbagai  kelebihan  dari  masing-masing
         teknologi.
                Secara utuh,  e-learning dapat didefinisikan sebagai upaya
         menghubungkan  pembelajar  (murid)  dengan  sumber  belajarnya
         (database,  pakar/guru,  perpustakaan)  yang  secara  fisik  terpisah
         atau  bahkan  berjauhan  namun  dapat  saling  berkomunikasi,
         berinteraksi  atau  berkolaborasi  secara  langsung  (synchronous)
         maupun tidak langsung (asynchronous).



                                                                 351
   363   364   365   366   367   368   369   370   371   372   373