Page 162 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 162

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  149


                 Tabel 8. Indikator Dominan Konstruk Kualitas Jasa, Komitmen, Kepuasan,
                           dan Niat Mahasiswa UT untuk mengikuti Tuton

                 Konstruk/                  Indikator                   Nilai
                  Dimensi                                             Loading
                Kualitas   Tutor Tuton mudah dihubungi (SQ2)            0.776
                Jasa       Tutor Tuton memberikan umpan balik (SQ3)     0.775
                           Diskusi dan tugas relevan dengan materi inisiasi (SQ1)   0.763
                           Tuton yang diikuti memberikan fasilitas hubungan secara   0.710
                           realtime (SQ4)
                Komitmen   Mahasiswa berkomitmen tinggi dengan program studi yang   0.940
                           dipilih (COM7)
                           Mahasiswa berkomitmen tinggi dengan UT (COM6)   0.926
                           Mahasiswa berkomitmen tinggi dengan matakuliah yang   0.872
                           diikuti dalam Tuton (COM8)
                Kepuasan   Mahasiswa merasakan kepuasan dengan mengikuti Tuton   0.879
                           (SAT12)
                           Mahasiswa merasa melakukan pilihan tepat dengan   0.842
                           mengikuti Tuton (SAT10)
                           Mahasiswa akan menyampaikan hal-hal positif tentang   0.830
                           Tuton kepada mahasiswa lain (SAT11)
                           Mahasiswa merasa puas dengan pelayanan Tuton (SAT9)   0.630
                Niat       Mahasiswa  akan  merekomendasikan  Tuton  kepada   0.880
                Mahasiswa   mahasiswa lain (NI13)
                UT untuk   Mahasiswa akan mengikuti Tuton hingga selesai (pertemuan   0.839
                mengikuti   akhir) (NI14)
                Tuton      Mahasiswa  akan  kembali  mengikuti  Tuton  pada  semester   0.809
                           berikutnya (NI15)
               Sumber: Data diolah

               KESIMPULAN
                   Berdasarkan  hasil  studi  yang  telah  dilakukan,  maka  dapat  ditarik
               kesimpulan  yaitu  kualitas  jasa  yang  diberikan  oleh  UT  mempengaruhi
               kepuasan mahasiswa. Selain itu, komitmen mahasiswa juga mempengaruhi
               kepuasan  mahasiswa.  Kepuasan  mahasiswa  berpengaruh  langsung  dan
               signifikan  terhadap  niat  mahasiswa  UT  untuk  mengikuti  tuton.  Hasil
               penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa dipengaruhi lebih
               besar  oleh  komitmen  dibandingkan  dengan  kualitas  jasa.  Dari  semua
               variabel  yang  memiliki  pengaruh  terhadap  niat  mahasiswa  UT  untuk
   157   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167