Page 162 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 162
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 149
Tabel 8. Indikator Dominan Konstruk Kualitas Jasa, Komitmen, Kepuasan,
dan Niat Mahasiswa UT untuk mengikuti Tuton
Konstruk/ Indikator Nilai
Dimensi Loading
Kualitas Tutor Tuton mudah dihubungi (SQ2) 0.776
Jasa Tutor Tuton memberikan umpan balik (SQ3) 0.775
Diskusi dan tugas relevan dengan materi inisiasi (SQ1) 0.763
Tuton yang diikuti memberikan fasilitas hubungan secara 0.710
realtime (SQ4)
Komitmen Mahasiswa berkomitmen tinggi dengan program studi yang 0.940
dipilih (COM7)
Mahasiswa berkomitmen tinggi dengan UT (COM6) 0.926
Mahasiswa berkomitmen tinggi dengan matakuliah yang 0.872
diikuti dalam Tuton (COM8)
Kepuasan Mahasiswa merasakan kepuasan dengan mengikuti Tuton 0.879
(SAT12)
Mahasiswa merasa melakukan pilihan tepat dengan 0.842
mengikuti Tuton (SAT10)
Mahasiswa akan menyampaikan hal-hal positif tentang 0.830
Tuton kepada mahasiswa lain (SAT11)
Mahasiswa merasa puas dengan pelayanan Tuton (SAT9) 0.630
Niat Mahasiswa akan merekomendasikan Tuton kepada 0.880
Mahasiswa mahasiswa lain (NI13)
UT untuk Mahasiswa akan mengikuti Tuton hingga selesai (pertemuan 0.839
mengikuti akhir) (NI14)
Tuton Mahasiswa akan kembali mengikuti Tuton pada semester 0.809
berikutnya (NI15)
Sumber: Data diolah
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil studi yang telah dilakukan, maka dapat ditarik
kesimpulan yaitu kualitas jasa yang diberikan oleh UT mempengaruhi
kepuasan mahasiswa. Selain itu, komitmen mahasiswa juga mempengaruhi
kepuasan mahasiswa. Kepuasan mahasiswa berpengaruh langsung dan
signifikan terhadap niat mahasiswa UT untuk mengikuti tuton. Hasil
penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa dipengaruhi lebih
besar oleh komitmen dibandingkan dengan kualitas jasa. Dari semua
variabel yang memiliki pengaruh terhadap niat mahasiswa UT untuk