Page 89 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 89
Sosok Utuh Kompetensi Guru 71
guru yang akan melaksanakan pembelajaran harus memiliki
pemahaman yang baik tentang karakteristik dan kondisi
peserta didik, agar dapat melaksanakan pembelajaran
secara efektif dan efisien.
3. Kemampuan (Skill), adalah sesuatu yang dimiliki oleh
individu untuk melakukan tugas atau pekerjaan yang
dibebankan kepadanya. Misalnya kemampuan guru dalam
memilih, dan membuat alat peraga sederhana untuk
memberi kemudahan belajar kepada peserta didik.
4. Nilai (Value), adalah suatu standar prilaku yang telah
diyakini dan secara psikologis telah menyatu dalam
diri seseorang. Misalnya standar prilaku guru dalam
pembelajaran (kejujuran, keterbukaan, demokratis, dan
lain-lain).
5. Sikap (Attitude), yaitu perasaan (senang-tidak senang,
suka-tidak suka) atau reaksi terhadap suatu rangsangan
yang datang dari luar. Misalnya reaksi terhadap krisis
ekonomi, perasaan terhadap kenaikkan upah/gajih, dan
sebagainya.
6. Minat (Interest), adalah kecenderungan seseorang untuk
melakukan sesuatu perbuatan. Misalnya minat untuk
mempelajari atau melakukan sesuatu.
Hal ini mengandung arti bahwa kompetensi guru
diarahkan untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman,
kemampuan, nilai, dan sikap, dan minat peserta didik, agar
dapat melakukan sesuatu dalam bentuk kemahiran, ketepatan,
dan keberhasilan dengan penuh tanggung jawab, agar dapat
melakukan tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepadanya.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN