Page 88 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 88

70        Sosok Utuh Kompetensi Guru

           Kompetensi Lain  tidak mendesak pembetukkan  Kompetensi
           Utama  dan  Kompetensi  Pendukung  sehingga  pertanggung
           jawaban  publik  para  lulusan  dalam  melaksanakan  tugas-

           tugas utamanya sebagai guru kelas (safe practicioners) dapat
           dipenuhi.  Adapun  Elemen-elemen  kompetensi  yang  lain
           terdiri dari:

           a. Landasan kepribadian.
           b. Penguasaan ilmu dan keterampilan.
           c. Sikap danprilakudalamberkaryamenuruttingkatkeahlian
               berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
           d. Pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai

               dengan pilihan keahlian dalam berkarya.

                 Gambar berikut ini, memperlihatkan seorang guru kelas

           yang sedang melaksanakan tugas utamanya dengan  baik.





                 Disisi  lain,  dalam  Kurikulum  Berbasis  Kompetensi

           (2005),  menjelaskan  beberapa  aspek  atau  ranah  yang
           terkandung dalam konsep kompetensi sebagai berikut:
           1.  Pengetahuan  (Knowledge),  yaitu    kesadaran    dalam
               bidang kognitif, misalnya seorang guru mengetahui cara

               melakukan identifikasi kebutuhan belajar, dan bagaimana
               melakukan  pembelajaran  terhadap  peserta  didik  sesuai
               dengan kebutuhannya.
           2.  Pemahaman  (Understanding),  yaitu  kedalaman  kognitif,

               dan afektif yang dimiliki oleh individu. Misalnya  seorang

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93