Page 88 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 88
70 Sosok Utuh Kompetensi Guru
Kompetensi Lain tidak mendesak pembetukkan Kompetensi
Utama dan Kompetensi Pendukung sehingga pertanggung
jawaban publik para lulusan dalam melaksanakan tugas-
tugas utamanya sebagai guru kelas (safe practicioners) dapat
dipenuhi. Adapun Elemen-elemen kompetensi yang lain
terdiri dari:
a. Landasan kepribadian.
b. Penguasaan ilmu dan keterampilan.
c. Sikap danprilakudalamberkaryamenuruttingkatkeahlian
berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
d. Pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai
dengan pilihan keahlian dalam berkarya.
Gambar berikut ini, memperlihatkan seorang guru kelas
yang sedang melaksanakan tugas utamanya dengan baik.
Disisi lain, dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi
(2005), menjelaskan beberapa aspek atau ranah yang
terkandung dalam konsep kompetensi sebagai berikut:
1. Pengetahuan (Knowledge), yaitu kesadaran dalam
bidang kognitif, misalnya seorang guru mengetahui cara
melakukan identifikasi kebutuhan belajar, dan bagaimana
melakukan pembelajaran terhadap peserta didik sesuai
dengan kebutuhannya.
2. Pemahaman (Understanding), yaitu kedalaman kognitif,
dan afektif yang dimiliki oleh individu. Misalnya seorang
PROFIL GURU MASA DEPAN