Page 91 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 91

Sosok Utuh Kompetensi Guru          73


               yang dapat diamati dan diukur. Sejalan dengan pendapat
               tersebut,  Puskur,  Balitbang,  Depdiknas  (2008)  memberikan
               rumusan  bahwa  kompetensi  merupakan  pengetahuan,

               keterampilan  dan  nilai  dasar  yang  direfleksikan  dalam
               kebiasaan  berpikir  dan  bertindak.  Kebiasaan  berpikir  dan
               bertindak secara konsisten dan terus menerus memungkinkan

               seseorang menjadi kompeten dalam arti memiliki pengetahuan,
               keterampilan, dan nilai dasar untuk melakukan sesuatu.

                     Disamping itu, Lefrancois (1995) dalam Heriati (2010),
               menyatakankompetensimerupakankapasitasuntukmelakukan

               sesuatu, yang dihasilkan dari kegiatan instruksional. Apabila
               individu sukses mempelajari cara melakukan satu pekerjaan
               yang  kompleks  dari  sebelumnya,  maka  pada  diri  individu

               tersebut pasti sudah terjadi perubahan kompetensi. Perubahan
               kompetensi tidak akan tampak apabila selanjutnya tidak ada
               kepentingandankesempatanuntukmelakukannya. Kompetensi
               merupakan  satu  kesatuan  yang  utuh  yang  mengambarkan
               potensi,  pengetahuan,  keterampilan,  dan  sikap  yang  dinilai,

               yang terkait dengan profesi tertentu berkenaan dengan bagian-
               bagian  yang  dapat  diaktualisasikan  dan  diwujudkan  dalam
               bentuk  tindakkan  atau  kinerja  untuk  menjalankan  profesi

               tertentu. Hal ini dapat diartikan bahwa kompetensi guru adalah
               seperangkat pegetahuan, keterampilan, dan prilaku yang harus
               dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan
               tugasnya sebagai guru.


                     Selanjutnya mari kita kaji bersama, apakah hasil belajar

                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96