Page 101 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 101

81

                                        BAB 3

                      STANDAR DAN PENGEMBANGAN
                               KOMPETENSI GURU



               Pendahuluan

               U
                      ntukkonteks Indonesia, secara konstitusionalpendidikan
                      nasional dibangun untuk mewujudkan salah satu misi
               suci  hidup  bernegara-bangsa  (mission  sacre)  mencerdaskan

               kehidupan  bangsa  melalui  satu  sistem  pendidikan  nasional
               yang meningkatkan iman, takwa, dan akhlak mulia (Alinea ke-

               empat Pembukaan, dan Pasal 31 (3) UUD NKRI Tahun 1945)
               yang  selanjutnya  secara  rinci  dirumuskan  demikian.

               “Mengembangkan  kemampuan  dan  membentuk  watak serta
               peradaban  bangsa  yang  bermartabat  dalam  rangka

               mencerdaskan  kehidupan  bangsa,  untuk  berkembangnya
               potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan

               bertakwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa,  berakhlak  mulia,
               sehat,  berilmu,  cakap,  kreatif,  mandiri,  dan  menjadi  warga

               negara  yang  demokratis  serta  bertanggung  jawab”  (Pasal
               3  Undang-Undang  Nomor  20  Tahun  2003  tentang  sistem

               Pendidikan Nasional).


                      Kualitas SDM tidak diperoleh hanya dengan cara
               mentransfer ilmu pengetahuan saja, atau hanya mendengar



                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106