Page 22 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 22
Potret Tutor UT
10 Sebagai evaluator, tutor dituntut untuk menilai
kinerja belajar mahasiswa dalam mata kuliah
dengan mengembangkan bahan dan alat
asesmen kinerja serta melakukan evaluasi
terhadap mata kuliah yang ditutorialkan dengan
meminta balikan dari mahasiswa tentang tutorial
yang telah dilaksanakan. Pelaksanaan peran
ini ditunjukkan dengan pelaksanaan asesmen
melalui pemberian tugas tutorial dan soal-soal Gambar 8. Tutor sebagai Technologist
kuis untuk mengases penguasaan mahasiswa
terhadap capaian pembelajaran yang telah Disamping itu, tutor hendaknya dapat mengelola
ditetapkan. Selain itu, evaluasi tutorial juga kemajuan kegiatan pembelajaran dengan
dilakukan baik oleh mahasiswa maupun oleh UT. menyusun jadwal yang wajar untuk setiap
Sebagai technologist, tutor dituntut untuk dapat kegiatan tutorial, serta mengatur perilaku
menggunakan teknologi dalam memfasilitasi mahasiswa dengan menjelaskan kepada
dan meningkatkan mutu proses pembelajaran mahasiswa tentang norma-norma perilaku yang
serta membantu mahasiswa mengatasi masalah berlaku di perguruan tinggi.
teknis dasar yang dihadapi selama proses belajar
dengan merekomendasikan mahasiswa tentang Dari peran tersebut tampak bahwa Tutor dituntut
sumber daya yang tepat untuk mengatasi untuk mampu mengembangkan kegiatan tutorial
masalah teknis. yang dapat mendorong (motivator) mahasiswa
untuk menjadi pebelajar mandiri dan membantu
Sebagai manager/administrator, tutor dituntut (fasilitator) mahasiswa menguasai capaian
untuk memonitor kemajuan mahasiswa baik pembelajaran yang telah ditetapkan. Untuk
secara individual maupun kelompok terutama itu, dalam pendidikan jarak jauh, tutor dituntut
untuk mahasiswa pendiam. kreatif dan imajinatif dalam merancang dan
melaksanakan tutorial. Membuat tutorial menarik