Page 21 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 21
Tutor Sebagai Motivator dan Fasilitator
Sebagai Learning Facilitator/Advisor, tutor Sebagai social agent, tutor dituntut untuk 9
dituntut untuk dapat memotivasi mahasiswa membangun dan memelihara lingkungan belajar
termasuk membantu mahasiswa meningkatkan yang nyaman dengan mendorong mahasiswa
rasa percaya dirinya, memfasilitasi belajar untuk menghargai orang lain, mengatasi konflik
kelompok dengan menyediakan perangkat mahasiswa secara damai dengan mencari alasan
yang mendukung kegiatan kolaborasi, terjadinya konflik mahasiswa, serta mendorong
mengembangkan kemampuan belajar mandiri pembangunan dan pengembangan komunitas
dengan membantu mahasiswa membuat belajar dengan membantu mahasiswa
perencanaan belajar yang reasonable, serta memperluas jaringan sosial mereka.
menawarkan saran dan masukan sesuai
kebutuhan mahasiswa dengan memberikan
rekomendasi solusi berkenaan dengan masalah
non-akademik yang kompleks. Mengingat
pentingnya kemampuan belajar mandiri dalam
sistem pembelajaran jarak jauh, tutor diharapkan
dapat mengintegrasikan strategi belajar mandiri
dalam setiap pertemuan tutorial. Hal ini perlu
dilakukan karena berdasarkan hasil penelitian
Rahayu & Widodo (2017) penerapan strategi
belajar mandiri selama proses tutorial dapat
meningkatkan kemandirian mahasiswa dan juga
Gambar 7. Tutor sebagai sebagai Social Agent
meningkatkan hasil belajar mahasiswa.