Page 19 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 19

Tutor Sebagai Motivator dan Fasilitator








                  yang dihadapi mahasiswa dalam mempelajari                   Dengan memperhatikan prinsip pembelajaran                 7
                  modul, (3) persoalan yang terkait dengan unjuk              tersebut, tutor diharapkan mampu memainkan
                  kerja (praktik/praktikum) mahasiswa di dalam                perannya  sebagai  motivator  dan  fasilitator.
                  atau di luar kelas tutorial, serta (4) masalah              Sebagai motivator, tutor diharapkan mampu

                  yang berkaitan dengan penerapan ilmu dalam                  menjadi pemicu dan pemacu proses belajar
                  kehidupan atau tugas sehari-hari.                           mahasiswa. Sementara sebagai fasilitator, tutor
                                                                              diharapkan mampu membantu mahasiswa

                  Pada  prinsipnya, tutor  memfasilitasi  terjadinya          menguasai  capaian  pembelajaran  yang telah
                  proses  belajar  mahasiswa  dan  belajar  terjadi           ditetapkan dengan merancang berbagai kegiatan
                  apabila mahasiswa terlibat aktif dalam proses               yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik
                  belajar.  Agar dapat  melibatkan  mahasiswanya              mahasiswa.
                  untuk aktif dalam tutorial, maka sebaiknya tutor

                  harus memperhatikan enam prinsip pembelajaran               Dalam  melaksanakan  kegiatan tutorial, seorang
                  yaitu (1) komunikasi dengan mahasiswa, (2)                  tutor harus mampu merencanakan tutorial,
                  kolaborasi di antara mahasiswa, (3) melaksanakan            melaksanakan tutorial, dan menilai keberhasilan

                  kegiatan pembelajaran  aktif, (4) memberi umpan             mahasiswa dalam tutorial.
                  balik secara cepat, (5) harapan yang tinggi, dan
                  (6) menghargai perbedaan (Sorensen & Baylen,
                  2004 dalam Simonson, et al. (2012).
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24