Page 19 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 19
Tutor Sebagai Motivator dan Fasilitator
yang dihadapi mahasiswa dalam mempelajari Dengan memperhatikan prinsip pembelajaran 7
modul, (3) persoalan yang terkait dengan unjuk tersebut, tutor diharapkan mampu memainkan
kerja (praktik/praktikum) mahasiswa di dalam perannya sebagai motivator dan fasilitator.
atau di luar kelas tutorial, serta (4) masalah Sebagai motivator, tutor diharapkan mampu
yang berkaitan dengan penerapan ilmu dalam menjadi pemicu dan pemacu proses belajar
kehidupan atau tugas sehari-hari. mahasiswa. Sementara sebagai fasilitator, tutor
diharapkan mampu membantu mahasiswa
Pada prinsipnya, tutor memfasilitasi terjadinya menguasai capaian pembelajaran yang telah
proses belajar mahasiswa dan belajar terjadi ditetapkan dengan merancang berbagai kegiatan
apabila mahasiswa terlibat aktif dalam proses yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik
belajar. Agar dapat melibatkan mahasiswanya mahasiswa.
untuk aktif dalam tutorial, maka sebaiknya tutor
harus memperhatikan enam prinsip pembelajaran Dalam melaksanakan kegiatan tutorial, seorang
yaitu (1) komunikasi dengan mahasiswa, (2) tutor harus mampu merencanakan tutorial,
kolaborasi di antara mahasiswa, (3) melaksanakan melaksanakan tutorial, dan menilai keberhasilan
kegiatan pembelajaran aktif, (4) memberi umpan mahasiswa dalam tutorial.
balik secara cepat, (5) harapan yang tinggi, dan
(6) menghargai perbedaan (Sorensen & Baylen,
2004 dalam Simonson, et al. (2012).