Page 25 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 25

Tutor Sebagai Motivator dan Fasilitator








                  Peningkatan        Mutu      Tutorial         secara        keberhasilan  tutor  dalam  memotivasi  dan               13
                  Berkelanjutan                                               memfasilitasi belajar mahasiswa serta merupakan
                  Peningkatan         dan        perbaikan        mutu        keberhasilan UT dalam menyediakan layanan
                  penyelenggaraan tutorial secara berkelanjutan               tutorial yang bermutu.

                  dilakukan melalui monitoring dan evaluasi serta
                  audit internal dan eksternal secara berkala.                Referensi:
                  Monitoring dan evaluasi dilaksanakan selama                 Rahayu, U. & Widodo, A. (2017). Pengembangan

                  penyelenggaraan tutorial berlangsung, baik oleh             Tutorial Online yang Mengintegrasikan Panduan
                  petugas dari masing-masing UPBJJ maupun                     Belajar  Mandiri  untuk  Melatih  Self-Regulated
                  dari  UT  Pusat.    Selain  itu,  evaluasi  tutorial  juga   Learning.   Dalam      Jurnal    Pendidikan     dan
                  dilakukan oleh mahasiswa.  Sementara itu, audit             Kebudayaan,  Vol.  2  (2),  hal.  201-  210.  [Online].
                  internal dilakukan oleh auditor yang merupakan              Tersedia    di:   https://www.researchgate.net/

                  staf UT dan audit eksternal dilakukan oleh                  publication/323580705  (23 Juni 2019).
                  auditor  dari  badan  ISO.    Hasil  monitoring  dan
                  evaluasi serta hasil audit tersebut dijadikan dasar         Shuang Li, Jingjing Z., Chen Y., & Li C. (2017).

                  bagi UT untuk memperbaiki dan meningkatkan                  Rethinking Distance Tutoring in E-Learning
                  mutu penyelenggaraan tutorial.  Sementara                   Envirenments: A Study of the Priority of Roles
                  untuk tutor, hasil monitoring dan evaluasi serta            and Competencies of Open University Tutors in
                  audit  dijadikan  dasar  untuk  penugasan  kembali          China. Dalam International Review of Research in
                  sebagai tutor pada semester berikutnya.                     Open and Distributed Learning, Vol. 18 (2). [Online].

                                                                              Tersedia: http://irrodl.org (23 Juni 2019).
                  Melalui kegiatan penjaminan mutu, diharapkan
                  mutu layanan tutorial semakin meningkat                     Simonson, M., Smaldino, S., Albright, M., & Zvacek,

                  dan memberikan dampak yang baik terhadap                    S. (2012).  Teaching and Learning at a Distance:
                                                                                                                            th
                  keberhasilan  mahasiswa dalam  belajar  melalui             Foundations of Distance Education (5  Ed.).
                  sistem pembelajaran jarak jauh. Keberhasilan                Boston: Perason.
                  mahasiswa dalam belajar merupakan bukti
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30