Page 41 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 41
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
(OER) pada Forum on “the Impact of Open Courseware for Higher Education in
Developing Countries”.
Banyak definisi yang dibuat untuk OER. The Organization for Economic Co-
operation and Development (OECD) dan UNESCO mendefinisikan OER sebagai:
“…digitised materials offered freely and openly for educators,
students, and self-learners to use and reuse for teaching,
learning, and research.”(OECD, 2007, hal. 30).
“…are any type of educational materials in the public domain,
or released with an open license, that allows users to legally
and freely use, copy, adapt, and re-share. (UNESCO, retrieved
from http://www.unesco.org)
Lebih lanjut, OECD menyebutkan bahwa OER meliputi materi pembelajaran
(dapat keseluruhan matapelajaran, bahan ajar utuh, modul pembelajaran,
LOM, artikel jurnal, dll.), perlengkapan pembelajaran (tool) seperti software
untuk mengembangkan ataupun menyampaikan pembelajaran, dan
sumberdaya implementasi pembelajaran seperti hak kekayaan intelektual dan
hak cipta yang mendukung pembukaan akses kepada materi pembelajaran.
Serupa dengan definisi tersebut, Atkin, Brown dan Hammond dalam laporan
studi mereka untuk The William and Flora Hewlett Foundation, yaitu yayasan
yang mendanai inisiatif awal riset tentang OER ini, mendefinisikan OER
sebagai:
“… teaching, learning, and research resources that reside in
the public domain or have been released under an intellectual
property license that permits their free use or re-purposing
by others. Open educational resources include full courses,
course materials, modules, textbooks, streaming videos, tests,
software, and any other tools, materials, or techniques used
to support access to knowledge.” (Atkin, Brown & Hammond,
2007, hal. 4)
Dari kedua definisi tersebut, secara generik OER bisa diartikan sebagai
berbagai bentuk materi pembelajaran dan riset yang tersedia di dalam
31