Page 51 - 32 Tahun Universitas Terbuka : Empat Windu Membagun Negeriku
P. 51

Perkembangan Sistem Layanan


















                  Unit Pengelola Layanan Akademik                             LINGKUP LAYANAN AKADEMIK
                  Layanan akademik berada di bawah pengelolaan
                  fakultas,  yaitu  pada  program  studi  dan  pada           Bimbingan Perencanaan Pembelajaran

                  PELMA yang ada di fakultas. Pada program studi,             Menyusun         perencanaan          pembelajaran
                  layanan akademik dilakukan oleh Ketua program               merupakan suatu keharusan bagi mahasiswa UT
                  studi dan dosen sebagai Pembimbing Akademik                 yang  dituntut  untuk  dapat  mengembangkan
                  (PA).    Di  UT,  tidak  semua  dosen  bertugas  di         sikap  sebagai  pembelajar  mandiri.  Namun
                  fakultas  namun  ada  yang  bertugas  di  unit-unit         kenyataannya  tidak  sedikit  mahasiswa  UT  yang

                  operasional, termasuk UPBJJ-UT. Namun demikian              tidak  memiliki  kemampuan  untuk  membuat
                  semua dosen harus melaksanakan tugas layanan                perencanaan         pembelajaran.         Akibatnya,
                  akademik  terkait  dengan  perannya  sebagai  PA.           mahasiswa dihadapkan pada permasalahan tidak

                  Sementara, layanan akademik yang sifatnya lebih             dapat  menyelesaikan  studinya  tepat  waktu  dan
                  standar, dilakukan oleh PELMA fakultas.                     memiliki  Indeks  Prestasi  Kumulatif  (IPK)  rendah.
                                                                              Mahasiswa  cenderung  mengambil  mata  kuliah
                                                                              dengan total jumlah sks maksimal setiap semester

                                                                              tanpa  mempertimbangkan  kemampuan  dan
                                                                              waktu  belajar  yang  dimiliki  sehingga  hasil
                                                                              ujian  yang  diperoleh  tidak  optimal.  Di  samping

                                                                              itu,  pengambilan  mata  kuliah  yang  tidak
                                                                              memperhatikan  urutan  kompetensi  menjadikan
                                                                              pemahaman  mahasiswa  terhadap  materi  mata
                                                                              kuliah menjadi tidak komprehensif.


                  Bimbingan AKademik





                                                                                                                                45
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56