Page 55 - 32 Tahun Universitas Terbuka : Empat Windu Membagun Negeriku
P. 55
Perkembangan Sistem Layanan
langsung dan surat/faksimili. Namun dengan Layanan akademik ada yang sifatnya aktif, yaitu bimbingan dan konseling akademik melalui
semakin berkembangnya teknologi komunikasi PA secara aktif menghubungi mahasiswa untuk artikel-artikel mengenai tutorial mata kuliah dan
yang ditandai dengan semakin terbiasanya mengetahui kemajuan studi mahasiswa dan yang rubrik pendidikan lainnya.
orang menggunakan handphone dan internet sifatnya pasif, yaitu PA memberikan tanggapan
maka saat ini bimbingan dan konseling akademik atas keluhan mahasiswa. Beberapa tahun lalu Saat ini, UT berupaya meningkatkan layanan
sudah memanfaatkan media telepon dan online bimbingan dan konseling akademik cenderung bmbingan akademik melalui pengaktifan dosen
meskipun masih banyak juga yang memilih bersifat pasif, namun saat ini. bimbingan dan dalam memonitor kemajuan studi mahasiswa.
datang langsung. konseling akademik sudah lebih bersifat aktif Data-data mahasiswa yang dibutuhkan dosen
dengan telah disediakannya berbagai media. melakukan bimbingan akademik sudah
Untuk menfasilitasi kegiatan bimbingan dan disediakan. UT juga sedang menyiapkan
konseling akademik ini, UT menyediakan pengintegrasian learning analytics dalam tutorial
beberapa forum antara lain Forum Komunitas UT online (Tuton) untuk melihat aktivitas mahasiswa
Online dan Forum Konseling Online. dalam Tuton. Ujicoba pemanfaatan learning
analytics dalam Tuton telah dilakukan untuk
UT juga menyediakan Frequently Asked Question beberapa mata kuliah pada semester 1 tahun
(FAQ) yang dapat diakses mahasiswa melalui situs 2016.
UT. Multimedia dalam beragam subjek, misalnya
strategi belajar mandiri, gaya belajar, dan lain-
lain juga disediakan. Melalui situs UT mahasiswa
dapat mengukur kemampuan belajar mandirinya
melalui instrumen yang disediakan. Selain itu, bagi
Laman Forum Komunitas UT Online
mahasiswa juga disediakan Majalah Komunika
yang merupakan media UT dalam melakukan
49