Page 581 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 581

Sediyaning>ih,  Pembentukan Citra dalam  ....
                                -----


       penyebaran  dan  pelayanan  purnajual  Semuanya  memer!ukan
       komunikasi dalam membentuk citranya.


       C.  Efek Komunikasi
              Setiap  langkah  dalam  pemasaran  selalu  disertai  f:-roses
       komunikasi  atau  brainstorming  yang  etektif.  Hal  ini  dipE::rlukan
       agar  setiap  perencanaan  pemasaran   melahirkan  citr;:'  bagi
       produk  yang  ditawarkan  Kunci  keberhasilan  atau  kegGgalan
       pembentukan  citra   ter!etak  pada  bagaimana  suatu  informasi
       ciikemas  agar  orang  lam  dapat  menerima  informasi  ter sebut
       sesua1  dengan  yang  diharapkan.  Keberhasilan  pembentukan  citra
       dimulai  dari  proses  pembentukan  pesan  sampai  dengan
       penyarnpaiannya,  dan  keberhasilan  mi  hanya  diperoleh  rnelalui
       komunikasi  yang  baik  Komunikasi  adalah  aktivitas  rnanus1a
       berupa  perpindahan  ide  melalui  percakapan,  tulisan  ataupun
       gambar,  sehingga  kornun1kasi  dapat  dikatakan  sebagai  proses
       :ransaksional  dari  dua  orang  atau  leb1h  dengan  rnenggl'nakan
       iambang  yang  rnengandung  arti  (lngel  Warshaw  dan  '<inner,
       '! 994).   Kunci  dari  kornunrkasi  adalah  maksud,  transaksi  dan
       !am bang.
              Komunikas1  tidak  rnernberikan  darnpak  secara  1a1gst.:r.g.
       Ada  tahapan  yang  harus  dilaiUI  untuk  rnendapatkan  hasil
       kornunikasi  yang  rnaksirnal,  atau  untuk  rnernberikan  efek  sesuai
       dengan  yang  diharapkan  Tahapan  efek  (gb  1)  diawali  dar,  orang
       yang  sama sekali tidak  sadar terhadap  PTJJ,  dan diakhrn dengan
       rnenjadi  orang  yang  menyukai atau  memiliki  citra  positif lerhadap
       PT  JJ   Pada  prins1pnya  hierarki  komunikasi  ini  membantu
       memperjelas  proses  merancang  dan  melaksanakan  program
       komunikasi.







       576
   576   577   578   579   580   581   582   583   584   585   586